Lihat ke Halaman Asli

Belajar Bersama dalam Kelompok Kerja Guru Gugus Kertasari Kecamatan Sukasari

Diperbarui: 18 September 2024   17:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Inten Kenanga Wati (dokpri)

Komunitas belajar merupakan sekumpulan antar individu yang memiliki visi, misi, dan tujuan yang sama yaitu mengimplementasikan tentang belajar sepanjang hayat. Komunitas belajar menjadi sarana atau wadah bagi para pembelajar untuk saling berbagi dan saling belajar satu dengan yang lainnya.

Seperti di Kecamatan sukasari Komunitas Belajar Guru atau lebih sering dikenal dengan nama Kelompok Kerja Guru (KKG) menjadi jembatan untuk para guru untuk terus belajar agar meningkatkan kemampuan dirinya dengan mengikuti perkembangan zaman dan informasi terbaru. Hal tersebut tentu saja sejalan dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara terkait kontek zaman.

KKG Gugus Kertasari yang diketuai oleh Kukuh Jaya Barokah, S.Pd di semester I Tahun Ajaran 2024/2025 kembali mengaktifkan kegiatan komunitas dengan materi terkait pemahaman penyusunan administrasi kelas untuk kurikulum merdeka. Materi tersebut menjadi hal prioritas awal yang diambil agar seluruh pendidik di lingkungan Kecamatan Sukasari memahami secara utuh terkait dokumen kelengkapan kurikulum merdeka.

Kegiatan ini tentu saja didukung oleh seluruh kepala sekolah yang berada di wilayah KKG Gugus Kertasari hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran para guru pada setiap kegiatannya. Selain Kepala Sekolah dukungan penuh hadir dari Koordinator Wilayah 4 yaitu Yuswan Indrawireja, S.Pd., M.Pd dan Pengawas Bina Moch. Solihin, S.Pd

Koleksi Inten Kenanga Wati (dokpri)

Kegiatan KKG ini berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 10-12 September 2024 yang bertempat di UPTD SDN Kertamanah,  UPTD SDN 1 Ciririp, dan UPTD SDN 1 Kutamanah. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, hal tersebut disesuaikan dengan jumlah Fase pada jenjang pendidikan sekolah dasar yaitu FASE A, B, dan C. Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan komunikasi antar pemateri dan peserta kegiatan peningkatan kapasita pendidik terkait administrasi kelas pada kurikulum merdeka.

 

Adapun pemateri kegiatan adalah Kukuh Jaya Barokah, S.Pd yang merupakan Ketua KKG dan Guru Penggerak Angkatan 9, Sani Oktaviani, S.Pd yaitu guru penggerak angkatan 9, dan Inten Kenanga Wati, S.Pd yang merupakan calon guru penggerak angkatan 10.

Kukuh Jaya Barokah, S.Pd sebagai ketua KKG berharap bahwa hadirnya KKG menjadi salah satu motivasi seluruh guru di Kecamatan Sukasari untuk terus berkontribusi aktif untuk belajar dan berbagi praktik baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline