Lihat ke Halaman Asli

Peringatan Hardiknas di UPTD SDN 2 Mekarjaya

Diperbarui: 2 Mei 2024   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi UPTD SDN 2 Mekarjaya

Tanggal 2 Mei senantiasa diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Tanggal tersebut dipilih oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional sebagai peringatan hari kelahiran tokoh pelopor pendidikan Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara. .Ki Hadjar Dewantara merupakan tokoh pendiri lembaga pendidikan taman siswa, dari sosok beliau hingga saat ini kita mendengar trilogi pendidikan yaitu ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karso, tut wuri handayani.

UPTD SDN 2 Mekarjaya Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta ikut andil dalam memperingati Hari Pendidikan Nasioanal tersebut, dengan mengusung tema "Bahagia dalam kemerdekaan belajar dan mengajar". Adapun kegiatan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional di UPTD SDN 2 Mekarjaya yaitu

1. Bakti sosial

2. Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

3. Perlombaan

Yayan Ihyanudin, S.Pd sebagai Kepala UPTD SDN 2 Mekarjaya memaparkan bahwa tema yang diambil ini sejalan dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu proses pendidikan adalah menuntun murid untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan melalui proses belajar dan mengajar yang merdeka. Merdeka bukan berarti bebas begitu saja, tetapi memunculkan inovasi yang memunculkan daya nalar kritis dari setiap muridnya dengan memanfaatkan modal aset yang dimiliki sehingga dapat mewujudkan karakter profil pelajar pancasila.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan yaitu membersihkan lingkungan sekitar yang ada didekat sekolah. kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan pentingnya menjaga kebersihan untuk menjaga kesehatan diri dan kesehatan sekitar. Selain itu kegiatan ini sejalan dengan filosofi pendidikan tatanen di bale atikan bahwa setiap insan harus babakti ka diri, babakti ka sasama, dan babakti ka alam.

Kegiatan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di lingkungan UPTD SDN 2 Mekarjaya dilakukan dengan hikmat, petugas upacara merupakan seluruh guru dan tenaga kependidikan yang bertugas di UPTD SDN 2 Mekarjaya dengan pembina upacara merupakan salah satu murid kelas VI yaitu Lutfiah Salsabila.

Puncak kegiatan peringatan Hari Pendidikan Nasional di UPTD SDN 2 Mekarjaya adalah perlombaan-perlombaan yang dilakukan antara guru dan murid. Perlombaan tersebut antara lain memasukan bola pingpong ke gelas, memasukan paku ke botol, joged balon, dan balap karung. Tentu saja kegiatan ini sangat menyenangkan hal ini tampak dari riuhnya para murid dan guru saat melakukan perlombaan. Hadir juga para orang tua di lingkungan sekitar sekolah untuk menonton kegiatan tersebut.

"Peringatan Hari Pendidikan Nasional harus dirasakan dan dirayakan dengan penuh kebahagiaan maka kegiatannya pun harus bernuasa kebahagiaan salah satunya yaitu kegiatan perlombaan kolaborasi antara guru dan murid" jelas Maman Suparman, S.Pd

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline