Lihat ke Halaman Asli

Rendhitya Dwiki

Peternak - Digital Marketer

Yuk Cari Tahu! Perbedaan Food Chopper dan Food Processor

Diperbarui: 26 Oktober 2022   22:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Kenali Perbedaan Food Chopper dan Food Processor

Food Chopper dan Food Processor merupakan alat bantu masak yang berguna untuk mengolah dan menghaluskan bahan makanan maupun bumbu. Alat ini dapat membantu dalam membuat adonan atau bumbu jadi lebih mudah. 

Karena, dapat menghaluskan bahan yang susah terpotong menjadi lebih cepat.  Kamu tahu tidak walaupun memiliki fungsi yang sama kedua alat  ini memiliki beberapa perbedaan. Yuk cari tahu perbedaan keduanya!

Ukuran dan Kapasitas Alat

Food Chopper memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan Food Processor. Rata-rata food chopper memiliki ukuran wadah sekitar 300 mL - 500 mL namun beberapa produk juga memproduksi wadah hingga 2 L. Sedangkan untuk Food Processor memiliki ukuran wadah lebih besar yaitu kisaran 3,5 Liter. 

Bagi pengguna yang ingin memasak dengan jumlah yang besar food processor merupakan pilihan yang tepat untuk memasak menjadi lebih efektif. Sedangkan, Bagi pengguna yang ingin produk yang compact serta fleksibel dapat menggunakan Food Chopper karena tidak banyak memakan tempat.

Daya Listrik

Daya listrik produk ini tergolong membutuhkan daya yang tinggi untuk operasionalnya karena dibuat multifungsi dalam beberapa mode pemotongan. Food Chopper sendiri memiliki kebutuhan daya mulai dari 200 watt hingga 400 watt. sedangkan untuk Food processor memiliki kebutuhan daya yang lebih besar lagi sekitar 700 watt hingga 1.000 watt. 

Harga Alat

Dari segi ukuran dan daya listrik Food Chopper memiliki harga realtif murah dibandingkan dengan Food Processor. Harga pasaran produk Food Chopper berkisar antara Rp 200.000 ribu hingga Rp 500.000 ribu. Apabila kamu menginginkan Food Processor, kamu perlu merogoh kocek lebih dalam karena alat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 800.000 hingga jutaan rupiah.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli kedua produk tersebut, baiknya kamu menentukan kebutuhan serta urgensi dari perbedaa diatas. 

Berikut saya rekomendasikan masing-masing produk yang memiliki performa serta harga yang bersaing di tiap kelasnya.

Rekomendasi Food Chopper & Food Processor

Hi-Cook Food Chopper CH-40

Chopper ini cukup multifungsi dengan kapasitas besar yaitu 1.5L, Tabung bermaterial kaca yang sangat kuat, memiliki 3 tingkatan pisau dengan 6 mata pisau dari bahan stainless steel yang sangat tajam dan kuat. Fitur inisudah mendekati dengan kemampuan food processor. Produk ini juga dilengkapi dengan termostat untuk mencegah mesin terbakar. 

Kenwood Food Processor FPP210 

Bagi kalian yang mencari food processor dengan kapasitas yang besar, Kenwood menyediakan kapasitas mangkuk mulai dari 2 liter hingga 4 liter.Walaupun memiliki harga yang relatif mahal,Kenwood Food processor memiliki banyak keunggulan serta fitur dibandingkan food processor lain. Sehingga cukup worth it untuk membeli produk Food Processor yang satu ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline