Lihat ke Halaman Asli

Rekomendasi Modifikasi Motor Vespa Matic "Sprint 150" Mulai dari Budget Pelajar Hingga Budget Sultan

Diperbarui: 23 Juni 2024   16:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Vespa Matic adalah motor yang dinaungi Oleh perusahaan Piaggio yang berasal dari Italia. Motor ini merupakan motor yang banyak di gemari oleh pencinta otomotif, terutama anak muda. Karena bentuk dari body Vespa Matic yang sangat elegan membuat motor ini dijadikan patokan sebagai salah satu motor matic terganteng yang pernah ada. Sebenarnya ada beberapa Jenis dari motor Vespa versi matic ini, yang pertama ada corsa 125 yang merupakan motor Vespa Matic Piaggio pertama yang di buat. Kemudian ada LX 125, S 125, Primavera 150, Sprint 150, GTS Super 150, GTS Super 300, GTV, hingga yang paling mahal harganya yaitu Vespa 946. Namun untuk saat ini saya akan membahas Vespa Matic yang banyak digemari yaitu adalah Vespa Matic dengan type Sprint 150.

Vespa Matic Sprint 150 merupakan motor yang dapat dikatakan type motor Vespa yang paling diminati Oleh kalangan Anak muda zaman sekarang, bagaimana tidak bentuk model dari motor ini sangat lah sporty dan gahar. Vespa ini dibekali dengan kapasitas mesin 155 cc, teknologi pengereman depan juga Sudah dibekali dengan cakram 220 ABS, dan kapsitas tangki yang cukup besar yaitu 8 liter . Pada dasarnya Vespa Sprint ini sudah cukup keren dengan tampilan standard nya, namun jika kalian ingin mencoba untuk memodifikasi nya mulai dari perlampuan knalpot dan lainnya, saya akan memberikan referensi mulai dari budget pelajar hingga budget sultan.

Jika menurut pengemudi lampu utama atau headlamp Vespa Sprint 150 kurang terang, saya menyarankan untuk menggantinya dengan headlamp merek “ Raceboy model XO”. Headlamp ini dibekali dengan Lampu utama yang sudah menggunakan mini biled yang pastinya penerangan nya sangat jauh. Headlamp ini juga dibuat untuk menembus kabut, karena pada saat menyalakan lampu jauhnya berwarna kuning, dan ini sangat berguna Jika kalian suka touring jauh. Headlamp ini dibandrol dengan harga 1.900.000  Rp saja. Namun jika kalian mempunyai budget sultan, saya menyarankan untuk menggunakan merek dari 1o1 Factory. Headlamp ini bentuknya sangat sporty dan gahar, namun harganya memang tergolong mahal, yaitu dibandrol dengan harga 4.300.000 Rp.

Modifikasi kedua yang disarankan ialah knalpot, dengan harga pelajar kalian bisa membeli knalpot dengan merek “Shijiro” type M1, M2, atau M3 dengan harga 1.200.000 an saja. Namun type knalpot ini memiliki suara yang bising seperti knalpot brong. Jika kalian tidak menyukai type knalpot yang brong ada juga knalpot yang ramah dan tidak berisik yaitu “Shijiro Std Racing”, knalpot ini dibandrol dengan harga 1.500.000 Rp. Itu adalah rekomendasi budget pelajar, bagaimana jika dengan budget sultan. Nah, Jika kalian punya budget lebih untuk knalpot Vespa, saya menyarankan untuk menggunakan knalpot dengan merek “Akrapovic” knalpot ini harganya tidak lah main-main, Jenis ini dibandrol dengan harga sekitar 12.000.000 Rp, sangat mengejutkan bukan. Kemudian part modifikasi yang bisa kalian ganti adalah Velg, jujur saja untuk velg type dari motor Sprint 150 ini bisa dibilang kurang bagus, maka dari itu pergantian velg Vespa Sprint 150 adalah yang utama dalam modifikasi. Untuk velg budget pelajar, saya menyarankan pengguna untuk menggunakan velg dari merk “Luigy” type CS-03 dengan harga 4.000.000 an saja. 

Saya menyarankan untuk menggunakan velg type tersebut karena bentuknya sangat elegan dan sporty. Namun dengan harga 4 jutaan itu, masih banyak pilihan velg dengan type lain yang juga sama bagusnya. Tetapi kalau kalian punya budget yang sangat besar , saya menyarankan untuk menggunakan velg dengan merek “Marus” type Spyder Black dengan harga 85.000.000 Rp. Iya kalian tidak salah lihat, velg ini dibandrol dengan harga 85 juta. Tapi Jika kalian merasa ini,  terlalu mahal, ada alternatif velg model lain dengan merek yang sama yaitu Marus type W225 dan dibandrol dengan harga sekitar 30 jutaan rupiah. Lalu yang tidak kalah Penting dalah pemodifan Vespa adalah sektor perlampuan Sein dan Stoplamp. Variasi ini akan menambah kegantengan maksimal, bagaimana tidak jika sein dan stoplamp standard original milik Vespa hanya berkedip saja jika digunakan, sein dan stoplmap yang saya akan rekomendasikan ini akan running Jika digunakan. 

Dengan budget pelajar Kalian bisa membeli sein dengan merek “Luigy” model Level10, sein ini dibandrol dengan harga 2.300.000 Rp saja. Untuk stoplamp kalian bisa membeli dengan merek yang sama yaitu Luigy model Level10 dengan harga sekitar 1.500.000 Rp. Untuk budget yang lebih besar lagi, kalian bisa membeli langsung  sein merek Level10 nya. Jika yang Luigy adalah copyan dari Level10, maka Level10 adalah original dari model nya. Untuk sein merek Level10, Kalian bisa membeli dengan harga sekitar 2.900.000 Rp. Dan untuk stoplamp nya kalian bisa beli dengan merek “Zelioni” model Dynamic. Stoplamp ini juga dibandrol dengan harga sekitar 2.900.000 Rp. Nah, dikarenakan motor Vespa Sprint 150 memiliki Speedometer yang cukup kuno, karena masih menggunakan jarum dan belum digital. Saya menyarankan pengguna untuk mengganti Speedometer pengguna dengan merek “S.I.P.”. Merek tersebut mengeluarkan speedometer dengan teknologi yang sudah menggunakan digital, dan sudah di lengkapi dengan fitur RPM. Speedometer ini juga memiliki desain tampilan yang sangat sporty dengan 3 varian warna yaitu Black, Silver, dan Carbon. 

Untuk speedometer merek “ S.I.P.” ini dibandrol dengan harga rata-rata 4.200.000 Rp tergantung warnanya. Untuk yang terakhir saya menyarankan pengguna barang yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk diganti, namun jika pengguna menggunakan barang ini merupakan nilai plus karena menambah ke estetikaan Vespa anda. Barang ini adalah Baut Titanium, baut titanium bisa menjadi pemanis motor apapun, detailnya yang kecil namun berwarna tentu saja menjadi sorotan mata ketika melihatnya. Meskipun ini hanya baut saja, tetapi harganya bisa di katakan cukup mahal. Karena untuk satu set baut titanium untuk motor Vespa Matic Sprint 150 dibandrol dengan harga 1.700.000 Rp, ini merupakan barang yang sebenarnya tidak terlalu penting, namun jika membelinya motor pengguna akan bertambah bagus pastinya.

Nah, itu dia nih beberapa rekomendasi part-part modifikasi Vespa Sprint 150 yang bisa pengguna beli untuk menambah kebagusan dan estetika motor kalian. Harga part modifikasi Vespa tersebut  mungkin akan berbeda di setiap daerah atau toko yang kalian kunjungi. Karena itu hanya perkiraan harga yang ada di Jabodetabek. Bagi pengguna yang ingin memodifikasi motor Vespa Matic Sprint 150 kalian, boleh banget nih mengikuti yang sudah disebutkan tersebut. Tapi jangan lupa ya, pengguna harus menyesuaikan budget modifikasi Vespa Sprint 150 nya. Jangan memaksakan kehendak untuk membeli yang budget sultan dahulu, jika pengguna masih pelajar dan keuangan masih di tanggung sama orang tua pengguna. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline