Lihat ke Halaman Asli

Apa itu Multiple Sclerosis (Sklerosis Ganda)?

Diperbarui: 7 Desember 2015   11:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamu'alaikum

Selamat pagi semuanya, bagaimana kabar kalian hari ini? semoga dalam keadaan sehat dan selalu berada dalam lindunganNya aamiin. Sabtu 5 Desember 2015 lalu saya hadir di diskusi bersama para penyandang multiple sclerosis di Indonesia yang berlangsung di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta dan saya merupakan salah satu diantara mereka. Saya menulis mengenai multiple sclerosis untuk berbagi pengetahuan menegenai penyakit ini. Oke, mungkin banyak diantara para pembaca masih belum mengetahui mengenai penyakit yang satu ini, penyakit seperti apa multiple sclerosis itu? bagaimana penyakit itu bisa menyerang?

Apa itu Multiple Sclerosis??

Multiple sclerosis (MS) atau disebut juga dengan sklerosis multipel (ganda) merupakan salah satu penyakit autoimmune yang muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang selaput pelindung saraf atau mielin dalam otak dan saraf tulang belakang. Saraf-saraf yang rusak kemudian akan mengeras dan membentuk jaringan parut atau sklerosis. Kerusakan mielin pada penderita MS (multiple sclerosis) ini mengakibatkan sinyal-sinyal yang dikirm dari "sumber" ke "otak" melalui saraf terhalang/terham yang mengakibatkan komunikasi antara otak dengan organ-organ lainnya mengalami gangguan.

[caption caption="Gambar 1 Proses demielinasi"][/caption]
Gambar 1. Perbedaan saraf normal dan saraf pada penderita MS ( http://health.howstuffworks.com/diseases-conditions/musculoskeletal/multiple-sclerosis1.htm )

Penyebab Multiple Sclerosis

Penyebab multiple sclerosis sampai saat ini maasih belum diketahui  dan seluruh dokter spesialis saraf yang ada diseluruh dunia masih melakukan penelitian untuk mencari penyebab penyakit ini. Kerusakan myelin pada MS mungkin terjadi akibat respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh, yang seharusnya melindungi tubuh dari serangan organisma berbahaya (bakteri dan virus).Banyak jenis MS yang menampakkan gejala penyakit ‘kekebalan tubuh’, dimana tubuh menyerang sel-sel dan jaringan-jaringannya sendiri (dalam kasus MS, yang diserang adalah Myelin). Para peneliti belum mengetahui apa yang memicu sistem kekebalan tubuh tersebut menyerang myelin, tetapi ada satu pemikiran bahwa hal tersebut terjadi karena beberapa faktor. Satu teori menyebutkan bahwa virus, yang mungkin sudah menetap lama dalam tubuh, mungkin memainkan peranan penting dalam perkembangan penyakit ini dan mungkin mengganggu sistem kekebalan atau secara tidak langsung mengubah proses sistem kekebalan tubuh. Banyak penelitian yang sudah mencoba mengidentifikasi virus MS. Ada satu dugaan bahwa kemungkinan tidak ada virus MS, melainkan hanya ada virus-virus biasa, seperti virus campak dan herpes, yang menjadi pemicu timbulnya penyakit MS. Virus-virus ini mengaktifkan sel darah putih (limposit) dalam aliran darah menuju ke otak dengan melemahkan mekanisme pertahanan otak (yaitu substansi yang melindungi darah/otak). Kemudian, di dalam otak, sel-sel ini mengaktifkan unsur-unsur lain dari sistem kekebalan tubuh dengan satu cara yang pada akhirnya membuat sel-sel tersebut menyerang dan menghancurkan myelin.

Gejala Multiple Sclerosis

Masing-masing pendertia mengalami gejala yang berbeda-beda dan untuk dapat mencapai diagnosa akhir MS diperlukan informasi dari pasien secara detail dan menyeluruh yang selanjutnya akan dipastikan apakah ini MS atau bukan dengan cara MRI Scan dibagian kepala dan tulang belakang karena "lesi" yang terlihat melalui hasil MRI scan pada MS memiliki ciri yang khas. Berikut adalah gejala-gejala awal yang dirasakan oleh penderita :

  1. Rasa kebas di salah satu organ.
  2. Penglihatan kabur
  3. Penglihatan berganda (diplopia)
  4. Pergerakan bola mata yang tidak terkontrol (Nystagmus) bahkan kebutaan
  5. Gangguan keseimbangan
  6. Ketidakseimbangan kemampuan berjalan (ataksia).
  7. Pusing (vertigo)

[caption caption="Gambar 2 Gejala MS"]

[/caption]

Gambar 2. Gejala multiple sclerosis (http://www.nhs.uk/conditions/Multiple-sclerosis/Pages/Introduction.aspx

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline