Lihat ke Halaman Asli

Pengembangan Literasi Anak melalui Dongeng Cerita Islami yang Menyenangkan di TPQ AL-Husnah Gayamsari Semarang

Diperbarui: 5 Juni 2023   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan foto bersama mahasiswa dengan anak-anak TPQ Al-Husna

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang II Universitas PGRI Semarang berkontribusi dilingkungan masyarakat untuk memberi dampak positif terhadap peserta didik secara berkelanjutan. Dengan memberdayakan kegiatan literasi anak, khususnya pada lingkungan masyarakat, jadi anak tidak hanya mendapatkan atau melakukan kegiatan literasi hanya di lingkungan sekolah saja. Tetapi bisa dilakukan di manapun berapa contohnya pada lingkungan masyarakat dengan wadah tempatnya yaitu TPQ Al Husnah yang beralamatkan di Jl. Dempel Barat, Gayamsari Semarang. Kegiatan yang akan kita lakukan diantara lain yaitu mengembangkan minat litersi anak melalui cerita islami dengan cara yang menarik dan menyenangkan dalam penyampaiannya. Disela sela kegiatan tersebut kami memberikan ice breaking berupa games.

Kegiatan izin dengan mitra

Pada hari Rabu 17 Mei 2023 kegiatan awal berupa permohonan izin untuk melakukan kegiatan kepada mitra dan RT TPQ Al-Husnah yaitu bapak Waluyo. Kegiatan ini mendapatkan perizinan secara langsung dari bapak RT untuk melaksanakan kegiatan selama 2 hari kedepan yaitu sosialisasi dan kegiatan pelaksanaan.

Kegiatan sosialisasi dengan anak-anak TPQ Al-Husna

Pada hari kamis 18 Mei 2023 kegiatan selanjutnya berupa sosialisasi  kepada anak-anak TPQ Al Husnah yang dilakukan pada jam 15.30 untuk memberitahu kepada anak-anak bahwa kami akan mengadapan kegiatan literasi anak melalui dongeng islami dihari selanjutnya.

Kegiatan mendongeng cerita Nabi Nuh AS

Kegiatan menyusun puzzel

Kegiatan foto bersama

Pada hari kamis 25 mei 2023 kegiatan pelaksanaan di TPQ Al Husnah oleh kelompok 4 Mahasiswa PPG Prajabatan  PGSD Kelas B sebagai bentuk implementasi mata kuliah Proyek Kepemimpinan II yang beranggotakan Baskoro, Ajeng, Aminova, Inggrid, Laras, dan Rena. Maksud dan tujuan dari pelaksanaan program tersebut adalah kegiatan pembudayaan literasi yaitu dimana anak-anak merasa bosen dengan kegiatan leterasi membaca karena dirasa monoton dan membosankan. Tujuan diadakannya kegiatan pembudayaan literasi bersama anak-anak yang ada dilingkungan masyarakat di Jl. Dempel Barat kelurahan Sawah Besar yaitu, memberikan wadah baru untuk anak-anak agar lebih tertarik dengan kegiatan Literasi.

Kegiatan pengembangan literasi anak melalui dongeng cerita islami yang menyenangkan di TPQ Al-Husna gayamsari semarang dimulai dengan memberikan buku bacaan anak-anak untuk membiasakan kegiatan literasi anak-anak kemudian dilanjutkan dengan melakukan dongeng cerita mujizat kapal besar nabi Nuh  AS yang kami sampaikan dengan menggunakan media yang menarik. Disela sela kegiatan mendongeng tersebut kami melakukan ice breaking berupa memberikan tepuk semangat, kemudian kami  memberikan games berupa puzzle Menyusun gambar kejadian kapal nabi Nuh AS. Setelah selesai menyelesaikan games menyusun puzzle kami memberikan doorprise berupa hadiah dan jajanan untuk anak-anak sebagai entuk reward setelah mereka menyelesaikan games yang mereka kerjakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline