Lihat ke Halaman Asli

helen_s.maria

#exploreIndonesia #exploretheworld ... Bersyukur untuk kesempatan, waktu, kesehatan dan rezeki yang Tuhan berikan

Terpukau Alam Gunung Prau

Diperbarui: 1 Agustus 2018   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(dok. pribadi)

Gunung Prau di Dieng, Jawa Tengah mungkin adalah salah satu gunung favorit para pendaki. Melalui @ochela, saya dan @remora_remora mendaftar di trip #praumemukau  yang diselenggarakan @mainoutdoor. Karena Gunung Prau bisa didaki santai,  saya berani  mengajak @defloriee, @yudhihar @swanz-ws, dan Shelly. 

Jumat, 20180713 Jakarta - Sabtu, 20180714 Dieng 

Bersama Swanty berdesakan di commuter line pada jam ramai  bubar kantor menuju Stasiun Pasar Minggu. Dilanjutkan menumpang ojek online, transportasi  tercepat menembus macetnya Jakarta menuju  meeting point Kampung Rambutan. Jam 10 malam bus rombongan bergerak perlahan meninggalkan Jakarta.

(dok. pribadi)

Jadwalnya kami akan tiba di Dieng jam 8 pagi. Durasi  10 jam perjalanan pastinya diisi dengan  tidur sambil diiringi musik dan selingan drama Korea  di HP.  

Sampai di Brebes jam 05:50 WIB, sirnalah  harapan tiba di Dieng jam 8 pagi. Tetap menikmati perjalanan sampai akhirnya tiba di basecamp Dieng lewat  jam 1 siang.  Terlanjur hafal dengan jadwal acara, berarti  harus mencoret acara  tidur siang di tenda dan menikmati matahari terbenam #dengdong. 

(dok. pribadi)

Bila  melihat perhitungan jam yang dijadwalkan dan sejak awal  mengecek rute melalui  google map, harusnya kami lewat Pekalongan. Kabarnya rute Pekalongan   dilewati juga  oleh trip @mainoutdoor sebelumnya. Kali ini karena keterbatasan kemampuan transportasi, jadi harus lewat jalur Purwokerto, berarti mengorbankan waktu dan acara terjadwal. 

(dok. pribadi)

Basecamp -- Jalur Patak Banteng -  Puncak 2,565 mdpl                               

Sambil makan siang  kami menyiapkan barang yang akan  dibawa dan yang dititip di basecamp. Briefing singkat, berdoa bersama dilakukan di depan basecamp.  Kami  mulai berjalan jam 15:05 WIB dengan  estimasi waktu 3 jam mendaki santai   lewat jalur Patak Banteng.

(dok. pribadi)

(dok. pribadi)

Melewati pemukiman penduduk, di beberapa tempat dijual buah carica/karika dalam bentuk buah segar dan yang sudah diolah. Carica adalah adalah buah pepaya yang tumbuh di dataran tinggi seperti di Dieng.

(dok. pribadi)

(dok. pribadi)

(dok. pribadi)

Perlahan mengikuti jalan sambil menikmati pemandangan sekitar Dieng. Ada beberapa warung  makanan  sampai melewati  Pos 1 Sikut Dewo. Semangka, pisang, minuman dan makanan kecil dijual di warung  menggoda para pendaki untuk mampir.

(dok. pribadi)

(dok. pribadi)

(dok. pribadi)

Mendaki di tanah berundak seperti tangga sampai di Pos 2 Cangal Walangan. Akar-akar pohon membuat alur rumit di tanah.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline