Lihat ke Halaman Asli

Way of Life

Diperbarui: 6 Juli 2022   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

vk.com

Way Of Life 

setiap orang pasti punya jalan hidupnya masing-masing, entah itu diawali dengan yang mudah ataupun yang sulit. ada yang jalan hidupnya terlihat mudah padahal jalan yang ia lalui sangatlah sulit, ada juga yang jalannya terlihat sulit tetapi versi orang lain itu terlihat mudah. soo jangan bandingkan jalan yang kamu pilih dengan jalannya orang lain, karna setiap orang mempunyai jalannya masing-masing yang membawa tujuan, cita-cita, dan arah hidupnya tersendiri. satu hal yang perlu kita ingat, setiap jalan yang berliku pasti menemukan ujungnya, bersabarlah atas apa yang kamu hadapi, meskipun aku tau, kamu pasti berat untuk melaluinya,  dan juga mencoba ridho atas ketetapan-Nya, percaya lah, ketika kita sudah ridho atas segala bentuk ketetapan-Nya, hati yangg dulu hancur, akan menjadi reda, hati yang sangat kecewa, akan jadi rela, jangan kamu bebani hidupmu lagi dengan amarahnya kita kepada takdir, biarlah takdir tetap berjalan. 

saya jadi inget sama salah satu perkataan dari Habib Jindan bin Jindan, beliau menyampaikan dalam salah satu ceramahnya kalau "kita mau ridho atau tidak ridho atas takdir-Nya, takdir akan terus jalan, bedanya ketika kita ridho, hati akan tenang plus dapat pahala, tetapi ketika kita tidak ridho atas takdir, hati makin sumpek, dan takdir juga akan tetap jalan". 

soo, ketika kita bisa memilih ridho, kenapa enggak? 

ketika kita merasa lelah dengan jalanya kita, maka lepaskan lah dulu beban yang kamu pikul dan istirahatlah. tidak ada yang baik dari "memaksakan" ataupun "dipaksakan".  kamu sudah cukup hebat untuk memikul beban seberat itu, langkah demi langkah yang kamu hadapi tidaklah mudah, tapi kamu cukup keren bisa melewati itu little by little. jika kamu memerlukan  orang yang bisa menghargai semua usahamu, maka akulah orangnya. jika kamu membutuhkan apresiasi dari orang lain, maka akulah yang akan mengapresiasi kamu lebih dulu. 

jangan paksakan dirimu untuk mendapatkan jalan yang sama seperti orang lain, kita punya cara kita sendiri untuk hidup :) 

soo,  tetap semangat, jangan kendor, kamu hebat, kamu keren! yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menghadapinya dengan perlahan-lahan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline