Lihat ke Halaman Asli

Tips Menyangrai Biji Kopi

Diperbarui: 28 September 2016   11:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

jendelakuliner.com

Kopi adalah salah satu minuman yang sangat digemari orang dari seluruh dunia. Minuman ini berasal dari biji kopi yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan secangkir kopi yang siap dinikmati. 

Kopi juga populer sebagai minuman teman begadang ini dikarenakan kopi mengandung kafein sehingga dapat mengurangi rasa kantuk. Tak hanya itu kopi juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan. 

Untuk membuat kopi anda dapat membeli yang instan dengan berbagai pilihan rasa yang sudah disediakan oleh produsen, atau anda dapat membuat bubuk kopi sendiri langsung dari biji kopi. Sebetulnya membuat bubuk kopi sendiri memang terdengar sangatlah ribet dan tidak efektif waktu, namun anda akan menemukan keasikan tersendiri dari membuat kopi. sebenarnya proses membuat bubuk kopi tidaklah rumit hanya saja butuh ketelitian.

Nah salah satu kunci dari pembuatan bubuk kopi terletak dari proses menyangrainya. Kenapa bisa seperti itu? Ini dikarenakan penyangraian merupakan salah satu proses penting yang menentukan kualitas dari minuman kopi. Proses sangrai merupakan proses mengubah biji kopi mentah yang tidak enak menjadi minuman yang bercita rasa nikmat serta beraroma yang khas. Agar bisa mendapatkan mutu kopi yang berkualitas sebaiknya proses menyangrainya menggunakan alat atau mesin sangrai kopi. 

Tujuan penyangraian biji kopi ini untuk mensintetiskan senyawa - senyawa pembentuk citarasa dan aroma khas kopi yang ada dalam biji kopi. Proses penyangraian dimulai dengan penguapan air yang berada didalam kopi dengan memanfaatkan panas yang sudah tersedia, kemudian dilanjutkan dengan penguapan senyawa volatil serta proses pencoklatan biji.

Waktu untuk penyangraian bervariasi , mulai 7 hingga 30 menit, tergantung dengan alat dan mutu kopi bubuk. Jika sudah didapatkan aroma dan citarasa kopi sudah tercapai maka proses menyangrai sudah berakhir.  Biji kopi sangrai yang bermutu bisa dilihat dari perubahan warna bijij kopi yang awalnya berwana cokelat kehijauan menjadi cokelat kehitaman dan hitam. Namun hati - hati jangan sampai biji kopi gosong atau over roasted karena bisa mengakibatkan citarasa kopi bubuk menjadi pahit dan tidak enak.

 Pengolahan biji kopi ini perlu disesuaikan dengan permintaan dan kegemaran atau sesuai dengan selera. Ada beberapa tingkatan penyangraian yang harus kita ketahui, yaitu light roast atau sangrai cakupan, medium roast atau sangrai sedang, dan dark roast atau sangrai matang. Cara penyangraian yang berbeda-beda ini selain berpengaruh terhadap citarasa, juga turut menentukan warna bubuk kopi yang dihasilkan.

Setelah melalui proses pengaraian atau roast biji kopis siap untuk dihaluskan/ dibuat bubuk dan anda dapat menyeduhnya dengan air panas.

Demikian info tentang tips menyanrai kopi semoga bermanfaat bagi kita semua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline