Lihat ke Halaman Asli

Rembulan Permata

Mahasiswa Trisakti School of Management

Kenali Tipe Kepemimpinan Karismatik

Diperbarui: 11 Agustus 2021   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pemimpin karismatik | sumber : initentangpsikologi.com

Kekuatan yang tidak bisa dijelaskan secara logika disebut kekuatan karismatik. Karisma diartikan sebagai keadaan atau bakat yang dihubungkan dengan kemampuan yang luar biasa dalam hal kepemimpinan seseorang untuk membangkitkan rasa kagum dari masyarakat terhadap dirinya, atau atribut kepemimpinan yang didasarkan atas kualitas kepribadian seorang individu.

Pemimpin karismatik umumnya menampilan ciri-ciri seorang yang mempunyai visi yang kuat atau kecerdasan tujuan yang jelas. Ia mampu mengkomunikasikan visi itu secara efektif serta mendemonstrasikan konsisten dan fokus. Pemimpin disini dipandang isitimewa karena sifat-sifat kepribadiannya yang mengagumkan dan berwibawa. Kepemimpinan karismatik menginginkan anggota organisasi sebagai pengikutnya untuk mengadopsi pandangan pemimpin tanpa atau dengan sedikit mungkin perubahan.

Kelebihan Tipe Kepemimpinan Karismatik

Selain lebih terlihat berwibawa dan disegani, pemimpin karismatik memiliki beberapa kelebihan diataranya adalah:

  • Dapat mengkomunikasikan visi dan misi dengan jelas.

Mereka mampu membangkitkan semangat bawahannya untuk bekerja lebih giat dan mampu mendapatkan antusias pengikutnya dengan masa yang besar karena sifatnya yang berkarisma. Hal ini membuat semua anggota organisasinya menjadi lebih mudah terdorong dan terpengaruhi untuk menjadi lebih bekerja keras dan lebih berkembang dalam mencapai tujuan organisasi.

  • Komitmen yang terjalin sangat erat

Dengan dasar visi dan misi yang telah ditetapkan, membuat hubungan antara pemimpin dan anggota menjadi sangat erat. Tidak hanya itu, dengan sisi kepemimpinan karismatik yang dimiliki oleh pemimpin, membuatnya lebih mudah untuk mengoorganisisr semua anggota dan memengaruhi mereka untuk terus berpengang pada komitmen awal yang telah mereka sepakati.

  • Memberikan energi positif

Energi positif bisa terbangun dari pola kepemimpinan ini karena dengan dorongan sisi karismatik yang dimiliki pemimpinnya dan juga disertai dengan visi, misi, dan strategi yang tepat semua anggota yang bekerja dengannya akan merasa berada dalam lingkungan kerja yang tepat.

  • Menjadi pendorong perubahan yang baik

Sisi karismatik seorang pemimpin akan lebih mudah untuk mendorong atau memengaruhi bawahannya untuk berubah dan berkembang ke arah yang lebih baik. Memang sisi yang ada dalam pemimpin sudah memiliki insting dan naluri untuk mengoorganisis dan memengaruhi orang lain.

Kelemahan Tipe Kepemimpinan Karismatik

Ada paribahasa yang mengatakan bahwa taka da gading yang tak retak. Disamping berbagai kelebihan yang dimiliki pemimpin karismatik, ternyata disertai juga berbagai kelemahan dari tipe kepemimpinan ini :

  • Adanya Self-centered

Orang orang yang menerapkan tipe kepemimpinan ini seringkali mudah sekali memandang bahwa visi dan misi yang ditetapkannya sudah merupakan visi misi yang terbaik dibandingkan dengan yang lainnya. Padahal keputusannya itu belum tentu sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh anggotanya. Sehingga bisa dikatakan ia hanya menetapkna visi dan misi berdasarkan apa yang mereka inginkan, tanpa mempertimbangkan masukan dan pemikiran dari anggotanya.

  • Cenderung bertindang egois
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline