Lihat ke Halaman Asli

Pembekalan Life Skill Buat Pelajar SMA yang Kurang Mampu untuk Berwirausaha via Online

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13853381301143478186

[caption id="attachment_294309" align="alignright" width="170" caption="Sumber: ubaya.ac.id"][/caption] Pelajar SMA tidak semuanya memilih untuk melanjutkan tingkat pendidikannya ke tingkat lebih lanjut setelah lulus, antara lain karena masalah biaya pendidikan yang tidak terjangkau.  Untuk bisa menjadi produktif, maka lulusan SMA ini memerlukan adanya keterampilan yang cukup agar bisa memiliki daya saing di dunia usaha, terutama jika bidang yang dipilih adalah wirausaha. Agar bisa sukses dibidang wirausaha, terdapat beberapa faktor yang berpengaruh, antara lain: modal, pemasaran, kualitas produksi yang bagus dan konsisten, serta manajemen bisnis yang baik.

Universitas Surabaya sebagai salah satu lembaga yang peduli dengan masyarakat di sekitarnya, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya akan memberikan pelatihan pembekalan life skill kepada siswa SMA yang berasal dari keluarga kurang mampu, dari seluruh Kota Surabaya. Pada tahap awal di penghujung tahun 2013, akan disediakan dua materi pelatihan yaitu :

1.Pelatihan “Bagaimana merancang kemasan yang bagus dan menarik untuk produk-produk kerajinan dan makanan”.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan sebagian ilmu “branding” dan keterampilan yang diperlukan untuk membuat desain produk yang menarik calon pembeli. Produk yang bagus dan berkualitas tetapi dikemas secara buruk, akan menghambat pemasarannya. Daya tampung peserta maksimum adalah 50 orang, diundang dari perwakilan seluruh SMA Negeri se-Surabaya. Bertempat di Gedung Serba Guna Fakultas Psikologi UBAYA, Kampus UBAYA Tenggilis Surabaya pada hari Selasa, 3 Desember 2013 jam 10.00 – 13.00 WIB.

2.Pelatihan “Bagaimana mengelola dan memanfaatkan peluang bisnis online untuk meningkatkan pemasaran produk-produk kerajinan dan makanan”.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan, tips dan tricks bagaimana mengelola bisnis online, memanfaatkan saluran pemasaran online yang saat ini sedang populer, agar terbuka saluran pemasaran alternatif yang menjanjikan dan lebih efisien. Daya tampung peserta maksimum adalah 50 orang, diundang dari perwakilan seluruh SMA Negeri se-Surabaya. Bertempat di Laboratorium Komputer Program Studi Teknik Informatika/Multimedia/Sistem Informasi UBAYA, Gedung TC Lantai 4, Kampus UBAYA Tenggilis Surabaya pada hari Senin, 2 Desember 2013 jam 09.30 – 12.30 WIB (25 siswa) dan jam 13.00 – 16.00 (25 siswa).

Trainer adalah dosen-dosen  Program Studi Teknik Informatika/Multimedia/Sistem Informasi UBAYA yang telah berpengalaman di bidangnya. Ke depan, program ini akan terus dilanjutkan secara berkesinambungan bekerjasama dengan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kota Surabaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline