Lihat ke Halaman Asli

Reiky Maulana

22107030099

Kehidupan Harmonis di Bawah Permukaan Laut

Diperbarui: 16 Mei 2023   07:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto : kompas.com

Heyyy  wuzzuuup ma men. Kali ini kita sedikit membahas ekosistem yang ada di lautan yuk. Lautan adalah ekosistem yang sangat luar biasa, penuh dengan kehidupan yang beragam. Di dalamnya terjadi berbagai interaksi dan ketergantungan antara berbagai organisme, membentuk suatu keseimbangan yang rapuh namun mengagumkan. Salah satu fenomena yang amat  menarik di dalam laut adalah simbiosis, suatu hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara dua atau lebih organisme yang berbeda spesies. Simbiosis laut sendir adalah sebuah contoh yang luar biasa dari bagaimana kehidupan di bawah permukaan laut bekerja secara bersama-sama untuk mempertahankan ekosistem laut yang sehat. Nah pada kali ini akan menjelaskan beberapa contoh penting dari simbiosis laut dan dampaknya terhadap kehidupan yang berada di dasar laut.

Salah satu contoh simbiosis laut yang terkenal adalah hubungan antara ikan pemangsa dan ikan pembersih. Beberapa spesies ikan pemangsa seperti ikan pari atau hiu yang memiliki hubungan yang saling menguntungkan dengan ikan pembersih seperti ikan cleaner wrasse. Ikan pembersih ini membersihkan tubuh ikan pemangsa dari parasit dan sisa makanan yang menempel pada kulitnya. Dalam proses ini, ikan pembersih mendapatkan sumber makanan yang cukup banyak, sementara ikan pemangsa mendapatkan kebersihan dan perlindungan dari infeksi yang disebabkan oleh parasit- parasit. Hubungan ini menciptakan simbiosis yang saling menguntungkan di mana kedua spesies tersebut bergantung pada satu sama lain atau bisa disebut simbiosis mutualisme.

Selain itu, ada juga beberapa contoh simbiosis laut antara terumbu karang dan ganggang. Ganggang hidup di dalam jaringan terumbu karang dan melakukan fotosintesis, menghasilkan energi dalam bentuk glukosa. Sebagai ketidakseimbangannya, terumbu karang memberikan perlindungan dan nutrisi bagi ganggang ini. Proses ini sangat penting bagi terumbu karang, karena fotosintesis yang dilakukan oleh ganggang  memberikan sebagian besar energi yang dibutuhkan oleh terumbu karang untuk bertahan hidup. Simbiosis ini adalah salah satu pondasi bagi kehidupan terumbu karang yang sangat kaya dan beragam pastinya breee.

Ada lagi sedikit contoh nya bre  didalam Simbiosis laut juga terjadi  bentuk hubungan antara cumi-cumi dan bakteri bioluminesens. Cumi-cumi memiliki organ yang dapat disebut fotofor yang memancarkan cahaya. Organ ini bekerja berkat bakteri bioluminesens yang hidup di dalamnya. Bakteri ini menghasilkan zat kimia yang menghasilkan cahaya ketika terstimulasi. Cahaya yang dipancarkan oleh cumi-cumi sendiri  membantu melindungi mereka dari pemangsa dan juga  digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama anggota. Sementara itu, cumi-cumi memberikan perlindungan dan nutrisi bagi bakteri itu sendiri. Hubungan ini merupakan contoh yang penting dari simbiosis laut yang membantu cumi-cumi bertahan hidup di lautan yang ganas.

Heyyy bro dan sis, itu mungkin beberapa contoh simbiosis yang ada di lautan mungkin masih banyak lagi simbiosis-simbiosis yang lain dan belum saya jabarkan bahkan belum dijamah oleh manusia. Bagaimana jika kita membahas mengenai manfaat laut sendiri bagi kehidupan kita nich dan Adapun yang bisa mimin jabarkan yaitu

*         Penghasil oksigen

*         Mengurangi efek rumah kaca dan pemanasan global

*         Sumber pangan

*         Sumber energi yang tidak terhingga

*         Jalur transportasi laut

*         Tempat rekreasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline