Lihat ke Halaman Asli

Reihana Belvia

Universitas Airlangga

Natasha Surya, Content Creator Dermawan di Tiktok

Diperbarui: 9 Juni 2022   16:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Natasha Surya merupakan salah satu content creator tiktok yang menggeluti bidang review products sejak tahun 2021 lalu. Dulunya, Ia merupakan salah satu pegawai di Tiktok hingga akhirnya Ia memutuskan untuk resign karena ingin fokus membangun rumah tangga. Resign dari Tiktok justru membukakan jalan karir baru bagi Natasha karena Ia sukses menjadi salah satu content creator tiktok yang videonya selalu tembus 100 ribu bahkan 1 hingga 3 milyar views. Hal ini dikarenakan pembawaannya yang selalu menarik di tiap video.

Konten-konten yang dihasilkan oleh Natasha pun selalu berbobot dan bermanfaat namun tidak membosankan. Selain content creator biasa, Natasha juga merupakan host Live E-commerce pada platform Tiktok. Tanpa disadari, banyak orang merasa nyaman dan terhibur ketika melihat konten dari Natasha karena tiap videonya selalu memperlihatkan keseriusan dan ketelitian dengan cara memperhatikan detail-detail kecil yang ternyata memiliki pengaruh besar dalam menarik perhatian penonton bahkan keinginan penonton untuk membeli produk yang telah dipromosikan oleh Natasha. Contohnya adalah mereview produk dengan sedetail mungkin, seperti menyebutkan ukuran persis hingga kondisi asli barang. Hal ini dibuktikan sendiri oleh Natasha pada salah satu videonya, Ia berkata bahwa kunci dari besarnya hasil penjualan pada Live E-ccomerce adalah meluncurkan video teaser yang fokus pada review product dengan detail agar para calon pembeli dapat terbantu ketika sedang membuat keputusan apakah nantinya akan membeli produk tersebut atau tidak.  

Natasha bahkan berhasil menjual lebih dari 6.500 karpet pada Live E-commerce nya karena video teaser yang sudah Ia tayangkan 1 hari sebelum Live tersebut berlangsung. Sehingga, ingatan penonton masih hangat akan informasi tentang karpet yang dipromosikan oleh Natasha tersebut. Hal-hal detail seperti itulah yang membuat Natasha berhasil mendatangkan omset milyaran rupiah bagi para brand yang telah mempercayakan Natasha untuk mempromosikan produk-produknya.

 Totalitas Natasha pada setiap kontennya menghasilkan buah yang manis karena Ia berhasil memenangkan Liga Kreator Super yang diadakan oleh Tiktok pada kategori home and living. Dalam beberapa videonya, Natasha membagikan pengetahuan yang mungkin akan sulit untuk kita dapatkan di tempat lain, yakni tentang bagaimana strategi marketing yang diterapkan oleh tiktok. Natasha berkata bahwa Tiktok melakukan investasi jangka panjang dengan cara memberikan diskon besar-besaran pada tiap produk yang ada di Tiktok Shop yang bertujuan untuk membangun kepercayaan antara Tiktok dengan audience. Tingkat kepercayaan dan "rasa ingin membeli" tersebut merupakan kunci dari keberhasilan Tiktok Shop dalam memancing audience nya. Selain menjadi content creator beserta host live e-commerce, Natasha juga merambah dunia wirausaha dengan meluncurkan kolaborasi makanan dengan brand BonSoe. Dalam kolaborasi tersebut, Natasha dan Bonsoe menggencarkan campaign "Buy 1 Give 1". Jadi, pada setiap pembelian produk Bonsoe, konsumen akan ikut menyumbangkan 1 produk untuk diberikan secara gratis kepada mitra ojek online sebagai tanda terima kasih. Berdasarkan fakta-fakta yang ada, Natasha Surya memang salah satu content creator yang dermawan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline