Lihat ke Halaman Asli

Reihan Ersa

Terus Belajar dan Berinovasi

Melalui Pengenalan Robotik, Siswa-siswi YPM Sidoarjo Diajak Merakit Alat Cuci Tangan Otomatis

Diperbarui: 17 November 2021   08:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Salah satu pembiasaan yang harus dilakukan oleh setiap orang pada masa sekarang ini adalah selain memakai masker juga harus sering mencuci tangan, hal ini dilakukan guna mengurangi bahkan bisa menekan penyebaran Covid19. Per tanggal 16 Nopember 2021, angka perkembangan yang terkonfirmasi positif secara nasional mencapai 347 orang (data Kementerian Kesehatan RI), angka ini sudah jauh lebih kecil dibandingkan beberapa bulan sebelumnya. Namun kita semua tetap waspada dan selalu taat menggunakan masker diruang publik dan sering-sering mencuci tangan.

Seiring dengan hal tersebut diatas, Teknik Informatika Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) bekerjasama dengan sekolah-sekolah di lingkungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM) Sepanjang melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Teknik Informatika Umaha.

Bentuk pengabdian masyarakat ini adalah mengenalkan robotika kepada siswa-siswi dan juga kepada guru pendamping, dimulai dari pengenalan komponen dasar, peralatan yang digunakan serta bahan pendukung lainnya.

Dokumen pribadi

Siswa-siswi tampak antusias dalam melakukan perakitan alat cuci tangan ini, karena siswa-siswi baru pertama kalinya dikenalkan dengan sensor dan mikrokontroler. Salah satu dosen Umaha yang turut serta dalam kegiatan pengabdian masyarakat yakni Khairil Anam, S.Kom., M.Kom menuturkan "Siswi-siswi YPM Sidoarjo mempunyai potensi besar untuk digodok menjadi siswa-siswi yang bisa diajak berpikir kritis, komunikatif dan mampu berkolaborasi, karena dengan sikap tersebut akan mampu bersaing dengan yang lain".



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline