Lihat ke Halaman Asli

Rehan Kurnia

Mahasiswa

Pendidikan Berkualitas: Peran Pendidikan dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG)

Diperbarui: 19 Januari 2024   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Pixabay: https://www.pexels.com/photo/gray-study-dice-on-table-301920/ 

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan tujuh tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG). Pendidikan berkualitas, yang diwakili oleh SDG ke-4, tidak sekadar merupakan pencapaian semata-mata, tetapi juga merupakan fondasi penting untuk membangun masa depan yang unggul, inovatif, dan berkelanjutan.

Di bidang pendidikan, tantangan dan peluang menciptakan dinamika yang kompleks dalam konteks global saat ini. Pendidikan bukan hanya tanggung jawab suatu negara; itu adalah agenda global, dan ada perbedaan dalam metode kurikulum, aksesibilitas, dan kualitas pengajaran. Oleh karena itu, pemahaman tentang peran penting yang dimainkan oleh pendidikan berkualitas semakin kuat.

Perlu diingat bahwa diskusi tentang peran pendidikan yang baik tidak terbatas pada level formal. Kualitas pendidikan sangat dipengaruhi oleh partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk keluarga, komunitas, dan sektor swasta. Akibatnya, langkah penting untuk mencapai SDG ke-4 adalah melibatkan semua bagian masyarakat dalam mendukung dan memperkuat sistem pendidikan.

https://news.schoolmedia.id/artikel/Revisi-sistem-pendidikan-formal-bisa-jadi-solusi-614

  1. Aksesibilitas Pendidikan
    Aksesibilitas Pendidikan terhadap seluruh siswa pada SDG ke-4 bertujuan untuk memastikan bahwa semua orang memiliki akses yang setara terhadap pendidikan berkualitas tinggi, tanpa memandang latar belakang sosio-ekonomi, gender, atau disabilitas. Untuk membuka akses ke pendidikan, orang harus bekerja sama, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat.

  2. Pendidikan yang Relevan dan Inovatif
    Pendidikan berkualitas tidak hanya berarti memberikan akses, tetapi juga mencakup penyediaan kurikulum yang relevan dan inovatif. Dengan memasukkan mata pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masa kini, siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di mana pun mereka berada di dunia. Penggunaan teknologi dalam proses pendidikan juga dapat membantu pendidikan menjadi lebih menarik bagi siswa dan mempersiapkan generasi mendatang untuk dunia digital.

  3. Pendidikan sebagai Instrumen Pemberdayaan
    Pendidikan berkualitas bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga tentang memberdayakan individu. Pendidikan yang efektif harus mendorong keterampilan kritis, kreativitas, dan kemampuan pemecahan masalah. Dengan cara ini, masyarakat dapat menghasilkan individu yang tidak hanya terampil secara akademis tetapi juga siap menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

    Photo by Lizandro Flores: https://www.pexels.com/photo/opened-white-book-583475/ 

  4. Pendekatan Holistik untuk Pendidikan
    Pendidikan berkualitas harus melibatkan pendekatan holistik yang tidak hanya berfokus pada aspek akademis tetapi juga melibatkan pembentukan karakter, etika, dan nilai-nilai sosial. Pendekatan holistik ini membantu dalam pembentukan individu yang tidak hanya pintar secara intelektual tetapi juga bertanggung jawab secara moral.

  5. Kemitraan Global untuk Pendidikan
    Kemitraan Global untuk Pendidikan membutuhkan kerja sama yang erat antara pemerintah, lembaga pendidikan, sektor swasta, dan masyarakat sipil untuk mencapai SDG ke-4. Kerja sama global dapat memastikan bahwa sumber daya yang cukup dialokasikan, praktik terbaik dibagikan, dan solusi inovatif diterapkan.

Dapat disimpulkan bahwa pendidikan berkualitas bukan hanya menjadi sarana, melainkan juga tujuan dari perjalanan menuju pembangunan berkelanjutan. Melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pemerintah, lembaga pendidikan, hingga sektor swasta dan individu, merupakan langkah integral untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-4. Aksesibilitas pendidikan yang merata menjadi landasan pertama, memastikan bahwa setiap individu memiliki kesempatan yang setara untuk mengakses pengetahuan dan keterampilan yang dapat membentuk masa depannya. Pendidikan berkualitas bukanlah tujuan akhir, melainkan alat yang memungkinkan kita mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline