Lihat ke Halaman Asli

Relaksasi Diri melalui Art Class Doodling bersama Kelompok MBKM Sekelas

Diperbarui: 4 April 2024   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Sekelas Collective

Doodling merupakan kegiatan menggambar tanpa maksud dan tujuan yang jelas, sering kali dilakukan saat seseorang sedang bosan atau kurang fokus pada suatu kegiatan atau pembicaraan. Biasanya doodling dilakukan secara spontan dan tidak terencana, dan hasilnya bisa berupa gambar-gambar sederhana, pola-pola, atau coretan yang dilakukan tanpa pikiran atau rencana yang matang.

Kali ini kelompok MBKM Sekelas hadir lagi dengan kegiatan Art Class Doodling yang bisa merelaksasi pikiran yang sedang rumit. Dengan mengangkat judul Do What You Want, kelompok Sekelas ingin menghadirkan sebuah kegiatan seni yang bebas namun tetap menghasilkan suatu karya seni yang memiliki nilai.

Acara Art Class Doodling ini berlangsung pada Sabtu, 30 Maret 2024, bertempat di Galeri Solo is Solo Lantai 1 yang berada di Jalan Gatot Subroto. Kelas Doodle dimulai pada pukul 15.00 hingga 17.30 WIB, bertepatan dengan waktu ngabuburit yang kadang tidak tahu harus melakukan apa, maka sembari menunggu waktu berbuka para peserta bisa mengekspresikan kelelahannya hari itu ke dalam karya doodle yang mereka buat. Kebebasan menggambar pada kegiatan kali ini termasuk pada teknik doodle dengan media kertas disertai objek hitam putih sebagai mediasi keunikan dan keindahan dari karya para peserta yang timbul dari alat penghias seperti spidol, krayon, pensil warna, ataupun cat akrilik.

Meskipun sering dianggap sebagai kegiatan yang tidak berarti atau tidak berguna, penelitian telah menunjukkan bahwa doodling sebenarnya dapat memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah bahwa doodling dapat membantu seseorang tetap fokus atau mempertahankan tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Doodling juga dapat berfungsi sebagai bentuk ekspresi diri atau bahkan sebagai cara untuk meredakan stres atau kecemasan.

Menurut Arkan selaku Ketua Panitia acara tersebut, doodling dapat membantu seseorang untuk berpikir lebih kreatif atau menemukan solusi bagi masalah yang rumit. Beberapa seniman juga menggunakan doodling sebagai bagian dari proses kreatif mereka untuk mengembangkan ide-ide baru atau menggali inspirasi.

“Kesan bagi saya untuk acara ini cukup menyenangkan, kakak-kakaknya juga baik, semisal ngga bisa atau ngga paham pasti diajarin. Untuk pesannya mungkin sering-sering ngadain acara seperti ini dan di promosikan ke warga solo supaya tahu kalau ada acara asik disini dan mungkin lebih inovatif lagi kegiatannya.” Begitulah kesan dan pesan dari Della sebagai salah satu peserta Art Class Doodling ini.

Doodling adalah kegiatan yang alami dan dapat memberikan manfaat psikologis yang tidak terduga. Meskipun terkadang doodling hanya dianggap sekedar kegiatan sambilan, tapi ia dapat menjadi bentuk ekspresi diri yang bermakna dan produktif bagi kebanyakan orang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline