Lihat ke Halaman Asli

Segmentasi, Penargetan dan Pemosisian Pasar Global

Diperbarui: 1 Juli 2022   05:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Variabel yang digunakan pasar global untuk mengelompokkan pasar.

Pemasaran Global 

Pemasaran Global tidak berarti memasuki setiap Negara di dunia. Keputusan untuk memasuki pasar ke luar negeri tergantung pada sumber daya perusahaan, serta karakteristik peluang dan ancaman yang dihadapi. Pemasaran global adalah pemasaran berkala seluas dunia. 

Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor.

Segmentasi

Segmentasi pasar merupakan strategi yang sangat penting dalam mengembangkan program pemasara. Dengan segmentasi pasar, diharapkan usaha-usaha pemasaran dilakukan dapat mencapai tujuan perusahaan secara efisien dan efektif. 

Segmentasi pasar ini yaitu kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda berdasarkan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

 pemasar global harus menentukan apakah bauran pemasaran yang terstandarisasi atau yang disesuaikan akan paling baik melayani keinginan dan kebutuhan konsumen. Dengan melakukan segmentasi pasar, pemasar dapat menghasilkan wawasan strategis yang diperlukan untuk merancang pendekatan yang paling efektif. 

Proses segmentasi pasar global dimulai dengan pemilihan satu atau lebih variabel untuk digunakan sebagai dasar pengelompokan pelanggan. Variabel umum termasuk demografi, psikografis, karakteristik perilaku, dan manfaat yang dicari. 

Dimungkinkan juga untuk mengelompokkan pasar nasional yang berbeda dalam hal lingkungannya—misalnya, ada atau tidaknya peraturan pemerintah dalam industri tertentu—untuk membentuk pengelompokan.

Adapun Menurut Kotler & Keller (2014:214) segmentasi pasar dibagi menjadi 4 bagian yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline