Lihat ke Halaman Asli

Regita mutiara winri

universitas muhammadiyah jakarta

Peran Penting dan Dampak Iklan di Dalam Masyarakat Modern

Diperbarui: 8 Juli 2024   20:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.istockphoto.com

Nama : Regita Mutiara Winri

Nim : 23010400037

Dosen : Velda Ardia, S.Ikom, M.Si

Mata Kuliah :  Pengantar Advertising

Iklan memiliki peran penting di dalam Masyarakat. Iklan tidak hanya berfungsi sebagai suatu tempat promosi produk ataupun jasa, tetapi iklan juga sebagai suatu media yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen nya sendiri. Seperti di dalam sebuah konteks sosial yang sering dianggap integral di daalam kehidupan kita sehari-hari baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

   Adanya peran iklan di dalam Masyarakat sering kali digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk ataupun jasa. Dengan melalui sebuah iklan, Perusahaan dapat dengan mudah memperkenalkan produk atapun jasa mereka kepada Masyarakat. Dan dengan adanya iklan, dapat membantu untuk dapat menciptakan sebuah kesadaran akan suatu produk ataupun jasa yang sedang ditawarkan kepada konsumen, sehingga konsumen dapat dengan mudah mengenali barang itu dan konsumen pun tertarik untuk membelinya.

Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan

   Iklan memiliki peran utama yaitu untuk dapat meningkatkan sebuah kesadaran Masyarakat terhaadaap suatu produk atau jasa yang tertentu. Dengan adanya iklan, atau informasi mengenai fitur, hingga manfaat, serta keunggulan suatu produk dapat di sampaikan secara luas. Contohnya seperti iklan televisi yang sedang memberikan informasi tentang adanya promo diskon sebuah produk kepada Masyarakat sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mereka.

Mendorong prilaku konsumen

   Iklan juga sering kali menggunakan Teknik-teknik pemasaran yang tepat, sehingga iklan dapat dengan mudah untuk mempengaruhi perilaku konsumen nya. Iklan juga dapat membujuk konsumen agar dapat membeli produk ataupun jasa mereka. Disini, iklan dapat menggunakan psikologi konsumen seperti daya Tarik visual, endorsement selebriti, agar dapat meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang diiklan kan. Contohnya, seperti adanya iklan yang menampilkan testimoni dari pelanggan nya yang puas dengan produk/ jasa mereka, sehingga masyaraakat terpengaruh dan ingin mencoba produk tersebuut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline