Lihat ke Halaman Asli

Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan antar Warga, antar Daerah, dan antar Budaya

Diperbarui: 30 Juni 2023   09:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto oleh Dio Hasbi Saniskoro dari Pexels: www.pexels.com

Seperti yang kita ketahui, bahasa Indonesia adalah bahasa seragam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang satu kesatuan menurut asal-usulnya bahasa Indonesia, yang terdiri dari banyak unsur yang berbeda mulai dari suku, ras, budaya dan agama serta keragaman lainnya. Agar semua elemen tersebut dapat terhubung, masyarakat Indonesia harus menggunakan bahasa Indonesia saat berkomunikasi. Inilah alasan mengapa bahasa Indonesia dianggap sebagai bahasa persatuan dan kedudukannya harus di atas bahasa daerah.

Bahasa Indonesia pertama kali diperkenalkan pada tanggal 28 Oktober 1928 pada peristiwa Sumpah Pemuda. Berdasarkan linguistik, bahasa Indonesia merupakan salah satu dari ragam bahasa Melayu. Bahasa Melayu itu sendiri merupakan bahasa asli suku Melayu yang mendiami wilayah Riau.

Selain itu, bahasa Indonesia sering digunakan sebagai bahasa kelompok pada saat musyawarah. Kecuali kelompok tersebut terdiri dari 1 suku bangsa, biasanya mereka menggunakan bahasa daerahnya. Penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa suku/suku ditekankan agar anggota kelompok dapat memahami pesan yang disampaikan. 

Setiap warga bangsa dapat menyampaikan pemikirannya dengan bahasa yang mudah dipahami. Komunikasi masyarakat dengan bahasa yang sama dan mudah dipahami akan mempersatukan bangsa menjadi lebih kuat. Selain itu, bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa pergaulan, korespondensi, penyiaran dan komunikasi lainnya. Hal ini dilakukan agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Hal ini berbeda ketika menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing. Tidak semua peserta komunikasi mengerti bahasa daerah atau bahasa asing.

Hal itu juga sejalan dengan tujuan memposisikan bahasa Indonesia dalam bahasa persatuan, artinya ratusan bahasa daerah di Indonesia disatukan menjadi satu bahasa kesatuan guna menjaga keaslian bahasa daerah yang ada, dan selain itu agar masyarakat dapat berkomunikasi dengan saudara setanah airnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline