Penggunaan Gambar Seri Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Siswa Pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Sepeda Motor SMK Pelita Bunga Bangsa Tahun Pelajaran 2018/2019
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan media alternatif Picture Series lebih baik atau tidak dalam meningkatkan keterampilan menulis Teks Deskriptif siswa daripada metode konvensional dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Picture Series sebagai media alternatif untuk meningkatkan keterampilan menulis Teks Deskriptif siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas satu SMK Pelita Bunga Bangsa Arjasari. Sampel penelitian adalah Teknik Elektro sebagai kelompok eksperimen dan Teknik Sepeda Motor sebagai kelompok kontrol. Dalam memperoleh data, penulis menggunakan pre-test, post-test, treatment dan kuesioner.
Dari perhitungan nilai pretest dan posttest diperoleh hasil bahwa dengan df = N1+N2 = 22+22-2 = 42, pada p = ,05 of two-tailed, nilai kritis t adalah 2,021 . Hasil t-test pada pre-test adalah -0,662 lebih rendah dari t-tabel (-0,662 < 2,021). Artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum diberi perlakuan. Setelah kelompok eksperimen diberi perlakuan, nilai t-observasi adalah 7,390, sehingga t-observasi lebih tinggi dari t-tabel (7,390 > 2,021). Artinya, Picture Series jauh lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. Kuesioner hanya dibagikan kepada kelompok eksperimen.
Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka termotivasi dan terdorong oleh penggunaan Picture Series dan itu membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan menulis Teks Deskriptif mereka. Artinya hampir semua siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Picture Series
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H