Lihat ke Halaman Asli

regina melia

mahasiswa

Cinta Kasih Dalam Kebenaran

Diperbarui: 9 September 2022   01:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok pribadi

cinta Kasih Dalam Kebenaran merupakan salah satu nilai spiritualitas dan nilai-nilai dasar UNPAR. Banyak nilai-nilai Cinta Kasih Dalam Kebenaran yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti saling memaafkan, saling menyayangi, saling mengingatkan, saling mengasihi. untuk penjelasannya ada dibawah ini.

1. saling memaafkan, Sudah menjadi kodrat sebagai manusia tidak terlepas dari kesalahan dan ketidaksempurnaan dalam perbuatan. Namun demikian manusia diciptakan juga dibekali dengan sifat-sifat untuk memperbaiki kesalahannya. Salah satu sifat yang dianjurkan untuk kita miliki adalah sifat pemaaf. Sifat pemaaf merupakan sifat yang mulia, karena tidak semua manusia dapat berbesar hati dengan mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain.

2. saling menyayangi, Dalam sebuah hadist, disebutkan Saling mengasihi diantara kaum muslimin menjadikan mereka seperti tubuh yang satu.
"Engkau mereka, saling mencintai diantara mereka, saling lembut diantara mereka seperti satu tubuh, jika salah satu anggota tubuh sakit, maka seluruh anggota tubuh yang lain ikut sakit demam dan tidak bisa tidur."
(HR Al-Bukhari dan Muslim)

3. saling mengingatkan, Saling mengingatkan ke jalan yang benar merupakan suatu kebaikan yang harus dibiasakan oleh kita . Bila ada yang melakukan kesalahan, sebaiknya kita ingatkan atau menegurnya.

4. saling mengasihi, Mengasihi merupakan perintah Yesus kepada murid-murid-Nya untuk dilaksanakan. Ia memberi perintah kepada para murid untuk "mengasihi Tuhan" (Mat 22: 37) dan "mengasihi sesama" (Mat 22:39). Injil Suci pada Minggu Paskah VI ini adalah mengenai salah satu dari dua perintah kasih tersebut yaitu mengasihi sesama

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline