Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang berperan sebagai perantara yang dimana dapat mengantarkan informasi pembelajaran kepada peserta didik sehingga dapat merangsang imajinasi, daya pikir, dan minat peserta didik. Dalam hal ini tentunya untuk mencapai suatu tujuan yaitu dalam hal pendidikan.
Manfaat Media Pembelajaran dalam proses belajar mengajar menurut Kustandi dan Sutjipto (2013:23) :
- Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat melancarkan serta meningkatkan hasil belajar.
- Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi langsung antara siswa dan lingkungannya, dan memungkinkan siswa untuk belajar sendiri sesuai kemampuan dan minatnya.
- Media pembelajaran juga dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu.
- Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristwa yang terjadi dilingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi secara langsung antara siswa dengan guru, masyarakat dan lingkungannya.
Melalui program MBKM magang mandiri prodi PGSD yang dilaksanakan di SD Labschool UPI Cibiru selama kurang lebih 3 bulan. Mahasiswa bertugas untuk membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah salah satunya adalah program pembuatan media.
Dengan melihat pada karakteristik siswa SD kelas 1 yaitu menyukai benda-benda konkret dan senang terlibat pada pengalaman langsung. Maka, dalam hal ini saya membuat media pembelajaran "Papan Kosa Kata" untuk digunakan Siswa Kelas 1 pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Media papan kosa kata ini terbuat dari karton hard paper dilapisi kertas karton berwarna yang diberi judul nama lalu bisa ditambahkan hiasan supaya menarik lalu lapisi dengan mika. Siapkan gambar-gambar yang bervariasi misalnya hewan, benda ataupun buah-buahan (yang dekat dengan lingkungan siswa) dan huruf-huruf alfabet a-z selanjutnya beri perekat pada belakang gambar juga alfabet. Langkah kerja menggunakan media pembelajaran ini:
- Guru memilih sebuah gambar kemudian ditempel pada papan.
- Siswa mencari, menyusun, dan menempelkan huruf-huruf sesuai dengan gambar.
- Guru meng-cross check jawaban siswa.
- Guru bisa memberikan reward jika jawaban siswa benar.
- Penggunaan media ini bisa divariasikan sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan.
Penggunaan media ini bersifat konkret, karena siswa bisa secara langsung memegang dan menempelkan. Sehingga memberikan pengalaman belajar yang baru, bisa merangsang imajinasi, memperbanyak kosa kata, berlatih menyusun huruf menjadi kata yang tepat, membuat siswa lebih aktif serta bersemangat dalam kegiatan pembelajaran.
Dengan adanya program MBKM magang mandiri ini mendapatkan respon yang baik dari berbagai pihak yaitu di SD Labschool. Dilihat dari para siswa yang dengan antusias dan bersemangat saat belajar menggunakan media pembelajaran ini, serta guru pamong yang mendukung dan memberikan respon positif terhadap program pembuatan media pembelajaran "Papan Kosa Kata".
Dengan demikian, pembuatan dan penggunaan media pembelajaran "papan kosa kata" pada pembelajaran Bahasa Indonesia ini dapat dijadikan referensi saat mengajarkan siswa kelas 1, agar menciptakan pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H