Lihat ke Halaman Asli

Regina Bilqis

Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Ibu Kota Nusantara Berdampak Kemajuan Daerah di Kalimantan Timur

Diperbarui: 28 Desember 2022   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ibu Kota Nusantara berdampak kemajuan daerah di Kalimantan Timur

Pemerintah menetapkan bahwa Ibu Kota Negara atau IKN berpindah ke Penajam paser Utara, Kalimantan Timur. Hal ini ditetapkan bertujuan agar pertumbuhan yang adil serta merata ke daerah timur karena selama ini terlalu berpusat ke daerah Jawa. Ibukota baru ini tentu saja membawa banyak sekali dampak serta kemajuan untuk masyarakat Kalimantan terkususnya Kalimantan Timur.

Dampak yang sangat terasa yaitu dari segi pembangunan dan perekonomian, peningkatan SDM (sumberdaya manusia) juga sangat berpengaruh contoh nya seperti bersaing dalam UMKM untuk mengkatkan kualitas masing masing. Oleh sebab itu masyarakat menyebut bahwa IKN Indonesia yang baru sangat membuka lapangan kerja yang luas.  

Perpindahan Ibu Kota akan lebih membantu ekonomi lebih baik serta memperpadat sector dan memperkuat arus perdangan. Dampak ekonomi lain nya yang akan terasa adalah menurunnya inflasi di provisi.

Selain perkembangan ekonomi yang memadai IKN baru Indonesia juga membawa dampak modern dari segi pemanfaatan energi yaitu akan memanfaatkan matahari sebagai sumber listrik hal ini tentu saja akan mengurangi jumlah Co2 yang diakibatkan oleh pemanfaatan listrik dari batubara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline