Lihat ke Halaman Asli

Regina Ailsa Marella

Siswi SMA Negeri 2 Surabaya

Erika Richardo: Sosok Content Creator dan Pelukis TikTok

Diperbarui: 19 September 2023   22:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://memora.id/

Erika Richardo adalah seorang mahasiswa di Universitas Prasetya Mulya yang mengambil Jurusan Bisnis. Erika Richardo lahir pada tahun 2002 di Kota Jakarta. Perempuan berketurunan Kalimantan dan Cina ini mempunyai bakat melukis yang diwarisi dari sang ibu dan kakeknya. Sejak kecil Erika sangat dekat dengan kakeknya, yang dimana hal ini akan menjadi sebuah titik dimana bakat melukis Erika bisa dikenal oleh banyak orang sampai sekarang. 

Namun, perjalanan Erika tidaklah mulus, puluhan bahkan sampai ratusan lukisan yang telah Erika buat, tidak selalu diterima oleh kedua orangtuanya. Bahkan, Ibunya pernah menyembunyikan dan membuang karya-karya lukisan Erika karena di sekolah Erika sering mendapatkan nilai yang jelek dalam pelajaran melukis. Meskipun begitu, hal tersebut tidak membuat Erika sedih, ia justru bermotivasi untuk belajar lebih giat lagi dalam melukis. Akhirnya pada tahun 2018, Erika memutuskan untuk memperkenalkan seluruh karyanya pada media sosial yaitu TikTok. 

Konten yang Erika buat tak hanya sekedar melukis di kanvas, biasanya ia menerima tentangan dari pengikutnya untuk melukis di media tertentu, seperti kaca, pintu, jendela, tempat tidur, bahkan mobil. Hal yang membuat popularitas akunnya terkenal adalah saat Erika Richardo berhasil melukis di atas mobil sport Porsche milik founder @komunitasbisaekspor pada 3 September 2021 lalu. Video itu sempat viral dan ditonton kurang lebih 1,3 juta pengguna TikTok. 

Erika juga sering menunjukkan tutorial hingga proses demi proses sebuah lukisan yang dibuatnya. Terkadang Erika membuat konten bersama sang adik, Kelly, mereka berdua terlihat sangat menggemaskan ketika membuat konten melukis bersama yang kompak sekali. Kini, akun TikTok Erika sudah memiliki lebih dari 3 juta followers. Selain berbakat melukis, Erika juga jago memasak. Meskipun tidak banyak orang yang tau, Erika jago dalam masak makanan western dan ia sering membagikan hasil masakannya ke sosial media pribadinya. 

Terkadang Erika juga membuat konten bersama kekasihnya, Jerhemy Owen, yang sekarang sedang tengah menempuh pendidikan di Belanda. Jerhemy Owen juga merupakan seorang TikTokers. Meskipun mereka harus menjalankan LDR atau berpacaran jarak jauh, mereka masih sering membuat konten menggemaskan bersama secara virtual sehingga netizen merasa iri terhadap hubungan manis mereka. 

Erika sering diundang sebagai narasumber untuk seminar motivasi, salah satunya adalah Empowering Millennials in Contributing to Indonesia's Growth. Erika sekarang juga merupakan seorang pebisnis. Bisnis pertama yang ia buat merupakan bisnis yang bersangkutan dengan lukisan hingga alat-alatnya yaitu By Painters. Selain bisnis yang berkaitan dengan seni, ia juga membuka bisnis yang berhubungan dengan memanfaatkan teh asal perkebunan Indonesia asli.

"Terus aku coba By Painters selama dua tahun dan masih on going sampe sekarang, bahkan lagi naik-naiknya banget," ungkap Erika Richardo. "Terus aku buat juga Tehman Tea ini tuh kayak produk teh indonesia dari kebun Indonesia yang itu ternyata cita rasanya banyak banget. Jadi aku mau kasih value kepada teman-teman ke depannya," pungkas Erika Richardo.

Banyak hal yang bisa ditiru dari Erika, seperti kegigihan dan semangatnya yang menolak untuk menyerah dalam melukis meski lukisannya pernah disembunyikan dan dibuang oleh ibunya. Erika juga manusia biasa yang pernah mengalami kegagalan. Tetapi, Erika bisa mengubah kegagalan itu menjadi motivasinya untuk bisa lebih berkembang dari sebelumnya.   

 

Daftar Pustaka:

Jalu, Majesty Victoria. 2021. Konten Kreator Muda Indonesia Sebarkan Keragaman Budaya Indonesia Melalui TikTok?! Bahkan Cetak Rekor MURI. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline