Lihat ke Halaman Asli

Regi Faturahman

hanya untuk tugas kuliah

KKN Tematik UPI sebagai Bentuk Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada Bidang Pendidikan dan Masyarakat

Diperbarui: 27 Desember 2020   18:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan selama KKN Tematik dengan Guru terkait menerapkan Protokol Kesehatan/Dokpri

Oleh: Regi Faturahman (1701945)

Virus Corona atau yang sering kita sebut dengan Covid-19 hingga saat ini masih melanda sebagian sebagian besar wilayah dunia termasuk di Indonesia. Tercatat sejak pertama kali ditemukannya virus ini pada Desember 2019 lalu hingga saat ini Desember 2020 pandemi ini belum juga berakhir. Sampai saat ini (26/12/2020) Kasus orang terinfeksi mencapai 80.268.410 di dunia, 1.758.915 deaths, 56.538.970 recovered dan sisanya masih dalam perawatan (https://www.worldometers.info/coronavirus/). Untuk di Indonesia sendiri kasus tersebut mencapai 706.837 orang, 20.994 meninggal, 576.693 orang telah pulih dan sisanya masih dalam perawatan (https://www.worldometers.info/coronavirus/country/indonesia/).

Dengan tinggi dan cepatnya trafik penyebaran virus ini sehingga berdampak pada semua sektor kehidupan, baik ekonomi, kesehatan, pendidikan dan bahkan sektor pemerintahan. Dengan begitu kita harus menyesuaikan pola kehidupan sosial agar tidak terjangkit covid-19 ini. Dengan cara melakukan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan dan mengenakan masker) hamper disepanjang hari terutama pada saat melakukan kegiatan diluar rumah atau pada saat mengharuskan kita untuk bertemu orang lain. Oleh karena itu hampir seluruh kegiatan berubah menjadi online/daring. Mulai dari belanja, bekerja dan belajar semuanya harus mengikuti protokol Kesehatan agar menekan kasus penyebaran covid-19 menjadi semakin meluas. Dengan berubahnya system kehidupan yang baru ini akibat pandemi covid-19 ini maka timbul berbagai kendala baru mulai dari kendala teknis dan non-teknis lainnya.

Dengan ini Universitas Pendidikan Indonesia sebaga lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi negeri yang berbasis keguruan dan kependidikan mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 khususnya pada bidang pendidikan dan masyarakat. Kegiatan ini wajib hukumnya untuk diambil oleh mahasiswa tingkat akhir di Universitas Pendidikan Indonesia ini, khususnya oleh jenjang S1.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 3000 mahasiswa dengan berbagai program kegiatan wajib dan program kegiatan pilihan, seperti melakukan penguatan dan pembimbingan belajar bagi siswa /PAUD, SD/MI, SMP/Mts, SMA/Ma dan SMK sederajat. Serta Penguatan pembelajaran daring bagi guru untuk semua mata pelajaran di TK/PAUD, SD/MI, SMP/Mts, SMA/Ma dan SMK sederajat. Serta pendampingan para orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring. Selain itu mahasiswa pun menjalankan program dengan membantu pengadministrasian sekolah secara daring serta mendesain dan membuat media pembelajaran untuk digunakan secara daring dan yang tidak kalah penting adalah semua kegiatan tersebut diharuskan daring jika memungkinkan.

Dengan adanya program ini khususnya bagi mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik PPD Covid-19 ini menjadi tahu bagaimana kesulitan-kesulitan yang dihadapi para tenaga kependidikan, murid serta orang tua dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring ini. Sehingga, dengan adanya program KKN Tematik ini mahasiswa dapat membantu para guru, murid dan orang tua dalam menghadapi kendala-kendala yang ada dalam proses pembelajaran di masa pandemi ini. Berikut ini merupakan beberapa dokumentasi pada saat pelaksanaan kegiatan.

Gambar  1. Salah satu proses pembuatan media pembelajaran daring/Dokpri

Gambar  3 Salah satu proses pendampingan siswa (osis) dalam membuat program kegiatan secara daring/online|Dokpri

Gambar  3 Salah satu proses pendampingan siswa (osis) dalam membuat program kegiatan secara daring/online|Dokpri

Gambar  4. Salah satu bentuk pendampingan orang tua mengenai permasalahan yang mereka hadapi Ketika melakukan|Dokpri

Dokumen tersebut merupakan sebagian dari banyaknya program yang telah dilakukan dalam KKN Tematik PPD Covid-19 di bidang pendidikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline