Lihat ke Halaman Asli

Reghina Salsabila

Mahasiswa Universitas Brawijaya

Mendukung Masa Depan, Program English Club FBD JANTRA 74 untuk Siswa SDN 04 Kaliasri

Diperbarui: 21 Agustus 2024   00:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1.1  Foto bersama dengan Kepala Sekolah SDN 04 Kaliasri / FBD JANTRA 74

Desa Kaliasri, Kecamatan Kalipare - Dalam upaya meningkatkan minat siswa untuk semangat belajar ber-bahasa Inggris, FBD JANTRA 74 telah membuat sebuah program kerja berupa pembelajaran English Club untuk SDN 04 Desa Kaliasri. Diciptakannya program kerja ini dilatarbelakangi oleh hasil survey pra-kkn kami, yang melihat bahwa minat berbahasa Inggris pada siswa SDN 04 Kaliasri masih sangat kurang. 

Menyadari pentingnya Bahasa Inggris untuk masa mendatang, maka FBD JANTRA 74 mencoba untuk membuat program kerja English Club yang bertujuan agar dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan ber-bahasa Inggris pada siswa di SDN 04 Kaliasri tersebut, Program Kerja ini berjalan selama dua minggu dan rutin dilaksanakan secara dua kali dalam seminggu,.

Pada pelaksanaannya, pembelajaran English Club ini dilakukan kepada siswa kelas satu hingga kelas enam SDN 04 Kalisari, dengan menggunakan materi yang berbeda-beda pada masing-masing kelas. Proses pengajaran dilakukan menggunakan beberapa metode inovatif guna meningkatkan semangat siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris, diantaranya adalah dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan properti pengajaran yang menarik, dimana kami memanfaatkan aplikasi dan perangkat digital untuk memperkaya pengalaman belajar Bahasa Inggris. 

Misalnya, siswa diajarkan dengan menggunakan video, dan permainan edukatif untuk meningkatkan keterampilan mereka, dilanjutkan dengan beberapa kuis dan games seru hingga adanya bentuk pemberian hadiah-hadiah kecil pada akhir pembelajaran. Tak lupa dengan adanya lagu-lagu yang dibuat untuk memudahkan mereka dalam mengingat materi yang telah diajarkan, sehingga meningkatkan susana riang di kelas. 

Gambar 1.2 Kegiatan Pengajaran Bahasa Inggris / FBD JANTRA 74

Penggunaan proses pengajaran tersebut terbukti telah berhasil dalam meningkatkan antusiasme para siswa SDN 04 Kaliasri terhadap pembelajaran Bahasa Inggris, terlihat dari aktif dan interaktifnya para siswa dalam melakukan kuis dan games yang telah disiapkan. Melalui hal tersebut, beberapa siswa yang sebelumnya kurang begitu menyukai pembelajaran Bahasa Inggris terlihat mulai semangat untuk mempelajari materi-materi Bahasa Inggris yang diberikan dengan tujuan agar dapat berhasil dalam memenangkan games yang dilakukan, baik secara individu maupun secara kelompok. 

Terdapat pula beberapa siswa yang ambisius sehingga memberikan dorongan kepada siswa lainnya untuk ikut bersemangat dalam mempelajari Bahasa Inggris. Pada periode akhir pengabdian di Desa Kaliasri, Program kerja English Club telah mendapatkan respon positif dari para siswa siswi SDN 04 Kaliasri, dimana mereka memberikan kesan bahwa belajar Bahasa Inggris ternyata tidak begitu sulit dan menyenangkan. 

Tidak hanya itu, mereka juga mengatakan bahwa mereka menyukai pengajaran Bahasa Inggris yang telah kami lakukan. Dengan adanya hal tersebut, kami Kelompok 74 FBD Jantra UB berharap bahwa pengajaran yang kami lakukan dapat memberikan kesan baik hingga memotivasi mereka untuk terus semangat dalam mempelajari Bahasa Inggris. 

Tim Pengajaran English Club KKN Jantra 74 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline