Lihat ke Halaman Asli

KKN Kelompok 106 UMBY: Perkenalan Aplikasi Sepasar.id kepada Pedagang Pasar Gentan

Diperbarui: 27 Agustus 2021   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa saat ini dunia sedang berjuang melawan virus covid-19. Pandemi ini membawa dampak yang besar terhadap semua sektor terutama sektor ekonomi. Hal ini juga dirasakan oleh para pedagang Pasar Gentan. Dimana survey yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN 106 di lapangan menemukan bahwa beberapa pedagang Pasar Gentan mengeluhkan tentang hasil penjualannya yang mengalami penurunan semenjak adanya virus Covid-19. Dilihat dari kunjungan Pasar Gentan yang juga mengalami penurunan dibanding sebelum ada virus ini.

Sehingga hal ini menjadi salah satu fokus mahasiswa KKN 106 untuk membantu para pedagang pasar menghilangkan rasa kekhawatiran dan juga meningkatkan rasa optimis mereka menghadapi pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 boleh membatasi ruang gerak para pelaku usaha termasuk pedagang Pasar Gentan, tetapi pandemi covid-19 tentu tidak akan menghalangi rezeki para pedagang Pasar Gentan. Selagi mereka terus berusaha dan mampu beradaptasi dengan keadaan saat ini.

Tim KKN-PPM Tematik Angkatan XXXIX Universitas Mercubuana Yogyakarta (UMBY) dari Kelompok 106 mengadakan acara sosialisasi mengenai Aplikasi Sepasar.id kepada para pedagang Pasar Gentan. Sosialisasi dilakukan pada tanggal 8 Agustus 2021 pukul 9.00 WIB bertempat di lantai 2 Pasar Gentan. Sosialisasi ini mengedukasi kepada para pedagang Pasar Gentan mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk mempertahankan usahanya di saat pandemi Covid-19.

Sepasar.id merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mendukung edukasi di Pasar. Pada awal pengembangan ini sepasar pertama kali diimplementasikan di Pasar Sambilegi, Maguwoharjo, Sleman, DIY pada tahun 2020. Aplikasi ini mempertemukan Pedagang, Pemberi materi (pengajar), Relawan dan pengelola pasar dalam satu manajemen aplikasi. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai jenis materi (course) yang bisa dipelajari secara mandiri oleh pedagang pasar. Dengan adanya aplikasi ini, pedagang pasar juga bisa menggunakan fitur bantuan untuk memanggil relawan supaya datang membantu pedagang mengatasi masalah yang sedang dialaminya.

Sosialisasi mengenai aplikasi Sepasar.id mendapatkan berbagai respon positif dari para pedagang Pasar Gentan dilihat dari antusias mereka untuk mendaftar dan juga mempelajari materi-materi yang sudah disediakan didalam aplikasi sepasar.id. Mereka berharap dengan adanya aplikasi ini akan meningkatkan pengetahuan mereka tentang berbagai strategi usaha dan bisa mengimplementasikannya secara langsung. Sehingga mereka bisa menjalankan usahanya lebih baik lagi kedepannya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline