Lihat ke Halaman Asli

Refi Marshanda

Universitas Airlangga

Strategi Positive Komunikasi di Pelayanan Kesehatan

Diperbarui: 8 November 2024   15:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : riauonline.co.idInput 

Strategi komunikasi adalah suatu strategi untuk menciptakan komunikasi yang konsisten, komunikasi yang dilakukan berdasarkan satu pilihan (keputusan) dari beberapa opsi komunikasi. Menurut Onong Effendy bahwa strategi komunikasi merupakan panduan dari perencanaan komunikasi (communication planning dan manajemen (communication management) untuk mencapai suatu tujuan. 

Komunikasi mempengaruhi kualitas keluaran layanan kesehatan, berdampak pada kesehatan dan kepuasan pasien, dan memberikan manfaat bagi pasien dan penyedia layanan. Komunikasi terapeutik penting agar dapat memahami kondisi pasien yang dapat mempercepat kesembuhan pasien. (Pertiwi et al., 2022).

Dalam memberikan pelayanan rumah sakit harus memperhatikan mutu dan keselamatan pasien. Pada bulan Desember 2021 Kementerian Kesehatan mencatat 3.120 rumah sakit telah teregistrasi. Sebanyak 2.482 atau 78,8% rumah sakit telah terakreditasi dan 638 rumah sakit atau 21,2% belum terakreditasi.

 Pemerintah mengharapkan pada tahun 2024 seluruh rumah sakit di Indonesia telah terakreditasi sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020 - 2024 (Keputusan  Dirjen  Menkes  RI  Nomor 4110 Tahun 2022).



Fakultas Keperawatan

Universitas Airlangga

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline