Lihat ke Halaman Asli

Refi Marizka

Mahasiswa

Bisnis Kreatif di Bulan Ramadhan sebagai Upaya Pemberdayaan Perempuan

Diperbarui: 12 Maret 2024   00:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemberdayaan Perempuan/dok. pri

Perempuan selalu dituntut pada pelayanan kegiatan domestik dirumah yang membudayakan seakan-akan haram bagi laki-laki menyentuh kegiatan domestik. Perempuan harus mampu berdaya dengan kemampuan dirinya sendiri. Hegemoni laki-laki dan subordinasi perempuan telah merajalela dan membuat budaya yang sangat amat toxic seperti hal yang biasa. Egosentris laki-laki dan toxic maskulin telah menjadikan tafsir yang salah terhadap makna kesetaraan. Rasa ingin selalu menjadi nomor satu dari toxic maskulin adalah merasa tersaingi dan rendah diri apabila perempuan berdaya. Padahal, pada kenyataannya perempuan juga memiliki hak terhadap kegiatan dan pekerjaan yang mereka cintai karena mereka juga makhluk yang punya mimpi, punya ambisi, dan punya potensi. jadi, Untuk semua perempuan mari terus berdaya. ada beberapa hal yang dapat saya bagikan mengenai bisnis kreatif di Bulan Ramadhan. 


Menjadi Content Creator

Content creator pekerjaan yang fleksibel dan menjanjikan. pekerjaan ini bisa memberikan income yang besar apabila kita konsisten. 

Catering dan Masakan Rumah

Banyak orang mencari makanan untuk berbuka puasa atau sahur yang lezat dan nyaman. Perempuan bisa memanfaatkan keterampilan memasak mereka dengan membuka usaha katering atau penjualan makanan rumahan khusus untuk bulan Ramadhan.

Pakaian Muslim dan Aksesoris

Desain dan produksi pakaian muslim serta aksesoris yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Ini mencakup hijab, baju kurung, mukena, dan lain-lain.

Selain itu juga, bisnis yang dapat dilakukan adalah bisnis private belajar ngaji dari rumah yang bisa mengajak anak-anak, ibu rumah tangga. atau jika memadai kursus sesuai ketrampilan dari kalian (misalnya kursus mengaji, bahasa Arab, dll).

Semoga bisa mencoba di rumah yah!

"Salam Pemberdayaan"







BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline