Lihat ke Halaman Asli

T*Jogja Color Fun Run(02/11/14):Maxi@Color-Fun-Selfiers(#1 dari 2 tulisan)

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14149468381871556063

T*Jogja Color Fun Run(02/11/14):Maxi@Color-Fun-Selfiers(#1 dari 2 tulisan)

*ceria&penuh warna~foto:rlhmtn4wryhxclusive02/11/14*

Setelah kebingungan beberapa saat, saya memutuskan memosting tulisan ini dikanal olahraga, berhubung mengandung nilai sportainment, semoga tak “salah kamar” ya, he3.

Terbagi atas 2 bagian, yang tulisan berikutnya InsyAllah saya unggah besok, saya jamin tulisan ini tak bakal sama dengan headline koran yang punya gawe, T*Jogja, edisi 03/11/14 besok. Check besok headlinenya pasti tak jauh dari kebijakan Jokowi, kisruh DPR, liputan khusus salon kecantikan, polemik logo terbaru Jogja, hingga mengagung2kan kesuksesan T*Jogja Color Fun Run(02/11/14).

Bak setetes embun ditengah dahaga masyarakat Jogja terhadap even lari, T*Jogja, media lokal Jogja, yang diklaim memiliki oplah diatas 50.000 exemplar/hari ini, menggelar even T*Jogja Color Fun Run. Saat event “sepeda gembira” menjamur digelar, hingga menurut saya, mencapai kulminasi jenuh, harian “balita” yang terhitung “saudara” KOMPASIANA ini, menggelar “lari gembira”, walau dengan dalih “mengayubagyo” ultah ke 258 Jogja.

1414947004286680401

*tak kalah dengan PSS&Persiba, ada "pemain"  asing juga di TJCFR lho~foto:rlhmtn4wryhxclusive02/11/14*

Gayung bersambut, ide acara yang patut diacungi jempol ini, memantik animo luar biasa masyarakat Jogja&sekitarnya. Mulai dari amatiran hingga pegiat lari layaknya Indorunners Jogja, dari pribumi hingga asing, tumplek blek diacara ini. Peserta yang awalnya saya prediksi dibawah 3000, justru pada Sabtu(01/11/14), dari sumber dalam kepanitiaan T*Jogja disebut 8000-an orang. Animo yang luar biasa ini, “memaksa” panitia dihari2 terakhir, membuka lagi pendaftaran kuota tambahan 1000 peserta hanya dengan fasilitas minim :color powder&tiket doorprize. 2MC yang bertugas menggawangi acara, yang digelar 02/11/14 mulai pukul 06:00BBWI ini, bahkan menyebut peserta tembuh 10.500person.

1414947080180119780

*animo&euforia yang lumayan ruarrr biasa~foto:rlhmtn4wryhxclusive02/11/14*

Walau saya pribadi baru tiba dilokasi acara, kompleks Balaikota Jogja pukul 07:25, namun sekilas, saya menangkap momen demi momen keriaan yang termaktub dalam acara tersebut yang tertuang dalam foto+tulisan amatir saya berikut ini. Bak paradox, kandungan T*Jogja Color Fun Run, dalam pandangan saya, menunjukan ke-maksimalitas-an pada titk color-fun-selfiers, namun menunjukkan ke-minimalitas-an pada konsep acara. Maaf tanpa bermaksud menggurui, saya menelisiknya secara awam saja dibawah ini :

**Maxi@Color-Fun-Selfiers

14149471761044731248

*run dikalahkan kolaborasi color *fun*selfiers?~foto:rlhmtn4wryhxclusive02/11/14*

Mengapa “run” saya skip dari tulisan barusan? Karena, saya paham, “run” disini Cuma embel2 saja. Jualan utama justru letaknya pada color-fun-selfiers itu sendiri. Sepengamatan saya(maaf kalau salah), tak ada “penghargaan khusus”, bagi 450 pelari pertama yang menjejakan kaki digaris finis Balaikota, sebuah pembenaran yang menyudutkan “run” itu sendiri. Maka sedari awal mengetahui gelaran ini, dahi saya agak berkernyit, mengapa konsep “run”-nya menyentuh 5KM rutenya, mulai dari Balaikota-Jln. Kusumanegara-Glagahsari-XT Square-Jln. Veteran-Jln. Kenari hingga kembali finish diBalaikota? Namun jika mengacu pada tagline acara: “Color Ur Fun”, hal ini sukses.

14149473541547946874

*hujan selfie:dari panitia hingga peserta~foto:rlhmtn4wryhxclusive02/11/14*

Peserta yang antusias berlari “santai” sepanjang rute dijamin tubuhnya “berpelangi”, maklum sepanjang rute panitia menyiapkan 3zona, dimana dimasing2 zona, para pelari disirami warna merah-hijau-kuning. Hasilnya, empunya acara sukses besar memberi “ warna” dari ujung kepala hingga kaki para peserta. Panitia pun tak mau kalah, juga mandi warna. Yang malas berkeringat pun, cukup santai saja duduk manis dihalaman Balaikota, lalu mengambil bubuk pewangi pada stand yang tersedia, lalu “berperang” color powder sesuai komando 2MC dari atas panggung.

1414947275556791390

*bukti existensi/demi tiket nonton bioskop?~foto:rlhmtn4wryhxclusive02/11/14*

Konsep maksimal diColor ini secara langsung turut memacu sensasi “fun” pada peserta. Wajah puas tergambar pada sebagian besar pengikut acara yang didominasi ABG hingga mahasiswa/I ini. Mereka cukup senang “adu bubuk” ditemani music yang digawani Dimensi Band&FDJ Aline Laksmi. Expresi bahagia “mandi” warna ini pun terekam frame demi frame dalam foto selfie peserta. Lepas dari memang foto selfie adalah katagori yang dilombakan, jujur acara ini merupakan acara dengan tingkah selfie terbanyak dari para pesertanya dalam kurun 6 bulan terakhir ini.

1414947454796220817

*puas mengalahkan gerah&lelah~foto:rlhmtn4wryhxclusive02/11/14*

Ingin tahu, nilai minus T*Jogja Color Fun Run ini? Tunggu tulisan saya besok, InsyAllah.

No Hurt Feelings

fiat justicia ruat caelum

R..E..S..P..E..C..T

***Maaf Sahabat Kompasianers semua, maaf dipenggalan akhir tulisan ini saya mencantumkan logo “Solidaritas untuk Udin” sebagai bentuk penghormatan terhadap Almarhum Fuad M. Syaifudin, wartawan Bernas, yang “dibunuh karena berita”, serta bentuk keprihatinan atas penyelesaian kasusnya yang gelap hingga kini walau akan memasuki masa kadaluwarsa pada agustus 2014. Pun juga merupakan pernyataan sikap pribadi saya bahwa : semangat mewartakan tak bisa dibungkam dengan materi sekalipun~bahwa kejujuran memberi informasi tak bisa dibungkam oleh kematian sekalipun

14149474741597752134

***Sumber gambar : koleksi pribadi-antitank-solidaritas wartawan untuk udin***




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline