Lihat ke Halaman Asli

Redwan Kurniawan

Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Sebelas Maret Surakarta

Mahasiswa Program Hibah MBKM FKOR UNS Berhasil Menyelenggarakan Event Taruwongso Healthy Run 2023

Diperbarui: 30 Juni 2023   18:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para pelari melaju dari garis start, Sumber: Dok. Pribadi

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasakan lelah yang berlebihan. Sehingga, seseorang dengan kebugaran jasmani yang baik akan selalu memiliki cukup energi untuk beraktivitas fisik dengan lancar. Pada tanggal 3 Juni 2023, dengan menerjunkan 10 mahasiswa dari Fakultas Keolahragaan UNS untuk menjalankan program kerja tersebut dinilai sangat efektif untuk menggencarkan upaya kebugaran jasmani pada khalayak umum terutama masyarakat sekitar Taruwongso. Didampingi oleh dosen pembimbing Ibu Dr. Sri Santoso Sabarini S.Pd., M.Or tim hibah MBKM Watubonang menggelar event tersebut di Wisata Alam Taruwongso, Desa Watubonang, Sukoharjo.

Mahasiswa MBKM FKOR UNS sukses menjadi sorotan setelah berhasil mengadakan perlombaan lari sejauh 1,6 km dengan dilaksanakan dalam medan yang curam dan menantang adrenalin karena memutari Gunung Taruwongso sebanyak dua kali dan dapat dikategorikan sebagai trail run. Tujuan pengadaan event lari ini selain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, tim hibah MBKM juga ingin memperlihatkan pesona Alam Taruwongso yang dapat memanjakan mata pelari selama event ini berlangsung. Tidak hanya digunakan untuk fun run saja, melainkan digunakan untuk menguji berapa besarnya VO2max yang dimiliki oleh pelari. Dengan jumlah kuota yang disediakan terbatas dan mengingat event ini tidak dipungut biaya apapun membuat antusias masyarakat tergugah untuk mengikuti event ini. Tim hibah MBKM menyediakan kuota sebanyak 45 orang dan kuota tersebut terpenuhi dalam waktu 2 hari saja. Bahkan, jenjang usia pelaripun mulai usia 12 hingga 49 tahun yang menandakan event Taruwongso Healthy Run 2023 memang dinanti-nanti oleh masyarakat.

 

Sumber: Dok. Pribadi

Sebelum pelari memulai garis start,setiap pelari wajib melakukan tes kesehatan jasmani berupa cek berat badan dan tensi. Cek kesehatan ini difasilitasi oleh tim hibah MBKM Watubonang yang berkolaborasi dengan posyandu Desa Watubonang. Disamping itu pelayanan cek kesehatan gratis juga diperuntukkan untuk masyarakat umum yang tidak mengikuti event Taruwongso Healthy Run 2023. Tidak hanya cek tensi saja, masyarakat juga difasilitasi cek gula darah secara gratis dan mendapatkan konsumsi setelah melakukan cek kesehatan. Dalam cek kesehatan ini diikuti sebanyak 50 orang dan didominasi oleh lansia. 

Untuk menambah semarak event ini, tim hibah MBKM mengajak Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Taruwongso dalam melakukan publikasi pelaksanaan Taruwongso Healthy Run 2023. Disamping itu, Bazar UMKM sebagai penguat ekonomi masyarakat sekitar terlibat untuk memeriahkan event ini. Dalam pelaksanaan event ini, sejumlah pihak ikut terlibat seperti Kepala Desa Watubonang, Bapak Welas Effendi, untuk meresmikan jalur track kebugaran jasmani tersebut.

Para Pemenang Lomba Lari, Sumber: Dok. Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline