Lihat ke Halaman Asli

Mengujungi Komunitas Adat Terpencil

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sebagian besar Komunitas Adat Terpencil di Indonesia berada di bagian timur Indonesia. Selain sebaran wilayah yang luas, karakteristik KAT yang ada di kawasan ini pun sangat variatif.

Komisi VIII DPR RI telah melakukan kunjungan lapangan dalam rangka pengawasan Program Pemberdayaan KAT di wilayah Indonesia Timur, khususnya di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Lokasi Pemberdayaan KAT (P-KAT) yang dikunjungi yakni KAT Hapa di Desa Talaga Paca di Kecamatan Tobelo Selatan. Dalam rangka Kunjungan lapangan tersebut, 5 (lima) anggota Komisi VIII DPR - RI didampingi Direktur Pemberdayaan KAT, Drs. Suyoto Sujadi serta jajaran di lingkungan Biro Humas Kementerian Sosial RI. Selain Pejabat Kementerian Sosial, para pejabat Daerah juga turut mendampingi Komisi VIII, di antaranya Wakil Bupati Halmahera Utara DR. Rusman Soleman dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Halmahera Utara.

Dalam kunlap singkat tersebut, Komisi VIII juga menyempatkan diri berkunjung ke Rumah Sejahtera, yang merupakan panti Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di ibukota kabupaten, Tobelo. Sebagai catatan, Rumah Sejahtera tersebut didirikan pada tahun 2002, yang pada awalnya dibangun untuk menampung dan membina anak-anak dan remaja korban kerusuhan Maluku, satu dekade silam.

Sumber dan Download Artikel Lengkap : http://bima-lanang.blogspot.com/2011/11/mengujungi-komunitas-adat-terpencil.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline