Lihat ke Halaman Asli

Redaksi Akademisi

Redaksi Akademisi

Sosialisasi Penerapan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai bagi Driver Online

Diperbarui: 29 September 2023   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada minggu ke-4 bulan juli 2023. Sosialisasi dihadiri oleh 10 mitra dari driver online yang beroperasi di area Kota Semarang. Dalam pelaksanaan kegiatan sesuai dengan timeline dan alur yang sudah ditentukan. Hasil dari masing-masing tahapan sebagai berikut:

  • Pengetahuan terkait teknologi Kendaraan Listrik Berbasis Baterai merupakan aspek yang penting untuk diketahui bagi masyarakat umum, khususnya bagi calon penggunanya. Sistem yang ada pada KLBB sangat berbeda jauh dengan kendaraan konvensional bahan bakar minyak. Pelatihan ini sekaligus sebagai sosialisasi atau kepanjangan tangan dari kementerian ESDM dalam upaya edukasi kendaraan listrik bagi masyarakat. Dengan adanya dorongan konversi kendaraan bahan bakar minyak menjadi kendaraan listrik bahan bakar baterai maka edukasi bagi masyarakat khususnya driver online merupakan langkah yang sangat urgent. Pelatihan dilakukan oleh tim pengabdi yaitu Dosen Pendidikan Teknik Otomotif, Bapak Andri Setiyawan.

  • Pengetahuan dasar mengenai perawatan kendaraan sangatlah penting, hal ini didasari oleh semakin meningkatnya kesadaran akan perawatan kendaraan secara berkala, hal ini erat kaitannya dengan performa kendaraan yang digunakan oleh pengemudi. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan dasar pengetahuan perawatan kendaraan sesuai prosedur. Semoga pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan kesadaran dalam perawatan rutin kendaraan. Kursus pelatihan Dasar-Dasar Perawatan Kendaraan (Service Basics) ini dilakukan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya, khususnya para pengajar Departemen Mekanik FT. Dengan dukungan dan ilmu tersebut diharapkan pengetahuan tentang perawatan kendaraan dapat ditingkatkan.

Harapanya dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi driver online dalam persiapan penerapan kendaraan listrik berbasis baterai.

Berikut foto bersama driver online dalam kegiatan pengabdian.

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline