Lihat ke Halaman Asli

Redaksi Akademisi

Redaksi Akademisi

Mahasiswa Wirausaha UNNES Mengikuti Pengelolaan Usaha Berbasis Digital Entrepreneur

Diperbarui: 21 Juli 2023   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Persaingan usaha di era digital sangat ketat dengan hadirnya teknologi yang semakin maju. Kewirausahaan digital atau dengan kata lain Digital Entrepreneur adalah istilah yang menggambarkan bagaimana kewirausahaan akan berubah, karena bisnis dan masyarakat terus ditransformasikan oleh teknologi digital. Kewirausahaan digital menyoroti perubahan dalam praktik wirausaha, teori, dan pendidikan. Kewirausahaan digital mencakup segala sesuatu yang baru dalam hal tentang kewirausahaan di dunia digital, termasuk Cara baru menemukan pelanggan untuk usaha wirausaha, Cara-cara baru dalam merancang dan menawarkan produk, dan layanan, Cara baru menghasilkan pendapatan, dan mengurangi biaya, Peluang baru untuk berkolaborasi dengan platform dan mitra, Sumber peluang, risiko, dan keunggulan kompetitif baru. Kewirausahaan digital adalah kemajuan teknologi di bidang infrastruktur yang menciptakan berbagai prospek bagi wira usahawan.

Di era industry 4.0 ini pemanfaatan media digital menjadi aspek yang sangat penting terutama di bidang bisnis. Pengelolaan usaha berbasis digital memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam memanage kegiatan usaha terutama pada kegiatan promosi. kegiatan ini dihadiri oleh 14 mahasiswa yang tergabung dalam beberapa bidang dan jenis usaha antara lain jasa bengkel di sekitar kampus unnes, jasa bengkel kunjung, dan agrobisnis dan teknologi. Instagram yang merupakan salah satu media sosial yang kerap digunakan oleh mahasiswa, dapat dimanfaatkan sebagai media pengembangan bisnis yang jitu. banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha dalam mengelola promosi dan kegiatan yang diunggah dalam konten instagram. survey awal menunjukan bahwa masih sedikit mahasiswa wirausaha yang memanfaatkan instagram terutama pada fitur promote. Dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh bapak Andri Setiyawan, S.Pd., M.Pd. selaku penggiat wirausaha dan dosen pengampu matakuliah technopreneurship, ibstagram merupakan alat yang jitu untuk mengelola bisnis berbasis digital. 

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sharing antar penggiat mahasiswa wirausaha. Mereka saling berbagi pengalaman terkait pemanfaatan media instagram untuk pengembangan bisnis. Mahasiswa penggiat usaha sangat antusias dengan kegiatan yang dilaksanakan. Harapanya kedepan dapat mempraktikan apa yang bahas untuk meningkatkan usaha.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline