Lihat ke Halaman Asli

Rebeca Mika

Mahasiswi

Macam-Macam Persyaratan Pada Berita Televisi!

Diperbarui: 16 Oktober 2020   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebelum menjelaskan topik yang akan kita bahas, yaitu tentang persyaratan dalam memilih berita, lebih baik kita memahami dulu apa itu yang di maksud dengan berita?

Pengertian berita menurut Kamus Komunikasi adalah laporan mengenai hal atau peristiwa yang baru terjadi, menyangkut kepentingan umum dan disiarkan secara cepat oleh media massa, seperti surat kabar, majalah, radio siaran, dan televisi siaran.

Nah kali ini kita akan membahas berita pada televisi, apa itu berita televisi? Berita televisi adalah laporan cepat mengenai fakta atau ide baru yang benar dan di sampaikan dengan audio dan visual untuk menjelaskan sebuah infomasi yang di sampaikan kepada khalayak.

Seperti yang kita ketahui, program acara berita menjadi hal yang wajib ada bagi setiap stasiun televisi. Ada yang menayangkan program acara berita tiga kali sehari, bahkan ada juga stasiun televisi yang menjadikan program acara berita menjadi program utama yang tayang di setiap waktu. Itu karena berita di anggap sangat penting dan selalu ter perbaharui di setiap detiknya.

Ternyata untuk menjadikan suatu laporan atau informasi sebagai berita bukan hal yang mudah dan sembarangan, karena terdapat beberapa persyaratan dalam memilih berita televisi, yaitu sebagai berikut :

1. Actual  (aktualitas)

Actual berarti waktu yang tepat. Berita harus lah berupa laporan kejadian yang baru-baru ini terjadi atau peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Informasi penting yang terjadi hari ini harus segera di beritakan hari ini juga dan tidak bisa di tunda-tunda. Contohnya adalah breaking news.

2. Proximity (kedekatan)

Kedekatan setiap berita dengan pemirsa dapat dilihat dari berbagai sisi. Ada dua hal tentang kedekatan, yaitu kedekatan secara fisik dan kedekatan secara emosional. Pemirsa cenderung tertarik bila membaca berita yang peristiwa atau kejadiannya dekat dengan wilayahnya dan juga perasaan emosional berdasarkan ikatan tertentu.

3. Prominence (sesuatu yang populer)

Semakin populernya suatu hal akan semakin sering menjadi bahan berita. Suatu hal seperti orang, tempat dan benda yang menonjol atau sangat dikenal oleh pemirsa akan menarik menjadi berita.

4. Unusual (keunikan atau luar biasa)

Sesuatu yang tidak lazim (unusual), unik dan aneh yang mengundang perhatian di sekitarnya cenderung menjadi berita yang bernilai tinggi dan di perbincangkan hingga berhari-hari.

5. Conflict (konflik)

Karena sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, terjadinya konflik akan mengakibatkan perseteruan yang menarik diberitakan. Berita seperti etnik, agama, perang, dan lain-lain yang dapat menimbulkan konflik akan selalu menjadi perhatian pemirsa.

Nah, itu semua merupakan syarat-syarat dalam memilih berita televisi. Jadi, berita asal-asalan atau sekedar informasi yang tak bernilai, tidak akan dikatakan menjadi sebuah berita, jika tidak memenuhi salah satu dari persyaratan tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline