Dalam rangka mengenalkan dan pengembangan MICE di Indonesia, program studi Manajemen Universitas Internasional Semen Indonesia telah menambahkan satu mata kuliah yang nantinya akan dapat membantu perekonomian di Indonesia khususnya pada sektor pariwisata melalui event yang akan dijalankan kedepannya.
Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa saja yang akan di pelajari pada mata kuliah MICE
Apa itu MICE?
MICE adalah kependekan dari Meeting, Incentive, Convention and Exhibition yang merupakan salah bidang yang berfokuskan pada pertemuan berskala besar baik nasional maupun internasional seperti pertemuan, perjalalan, konferensi, seminar, lomba, pameran dan lain-lain yang erat kaitannya dengan pariwisata disuatu wilayah. Dengan tujuan dapat meningkatkan potensi pariwisata wilayah tersebut.
Apa saja yang yang ada di mata kuliah MICE?
Dalam mata kuliah MICE yang terdapat pada program studi Manajemen Universitas Internasional Semen Indonesia mempelajari tidak hanya mengenai teori tapi juga praktek tentang bagaimana mengorganisir penyelenggaraan event, penentuan stakeholder, cara penyusunan anggaran event, cara mempromosikan event, dan cara mendapatkan sponsorship.
Apa manfaat mempelajari MICE?
Dengan mengerti mengenai MICE, diharapkan agar mahasiswa mengerti mengenai seluk beluk dari bagaimana tahapan merencanakan sebuah acara yang sukses dan agar dapat membantu perekonomian suatu wilayah. Terutama bagi mahasiswa Manajemen yang terbiasa dengan berbagai perencanaan untuk memaksimalkan suatu kegiatan.
Tips Perencanaan Event MICE
Berikut tips merencanakan sebuah event MICE yang sukses ala mahasiswa Manajemen Universitas Internasional Semen Indonesia , yaitu:
- Menenetukan jenis event seperti apa yang ingin diselenggarakan
- Pembentukan panitia acara
- Menyusun timeline Event
- Menentukan lokasi dan pengelolaan logistic perlengkapan acara
- Merencanakan marketing dan promosi terkait event yang akan dilaksanakan, dapat melalui sosial media, koran, atau penyebaran brosur.
- Menentukan pembicara dengan bidang yang sesuai dengan jenis dan tujuan event yang akan dilaksanakan
- Mencari sponsor yang ingin diajak kerja sama dan saling menguntungkan kedua belah pihak
- Teknis cara peserta atau pengunjung untuk datang ke event
- Tetap melakukan koordinasi antar panitia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H