Lihat ke Halaman Asli

RD PRAM

Mahasiswa di Universitas Tanjungpura

Potret Keadaan Miris akibat Kemiskinan

Diperbarui: 12 April 2024   14:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

kisah nyata yang dialami salah seorang warga yang bernama Ibu Jumiah, Beralamat didesa durian, kecamatan sungai ambawang, kab Kubu Raya merupakan seorang nenek yang  berusia 63 tahun, saat ini beliau tinggal dengan anaknya yang bernama david. beliau sekarang tidak bekerja karena tubuh tuanya  sudah tidak mampu lagi untuk mengangkat beban yang berat.  beliau hanya bergantung pada anaknya yang sekarang bekerja sebagai pengrajin keranjang yang pendapatannya kadang tidak menentu terkadang Rp 2.000.000 sampai Rp. 3.000.000 tergantung dengan jumlah pesanan yang diterima. 

beliau mendapatkan  bantuan berupa PKH dengan nominal Rp. 400.000 setiap dua bulan. beliau sangat layak menerima bantuan mengingat beliau tidak memilik penghasilan yang setidaknya dengan adanya bantuan ini dapat menambah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun dengan pendapatan yang diperolehnya sekarang, ia lebih memilih untuk mengalihkan bantuan tersebut kepada anaknya untuk dikelola. 

rumah beliau sangatlah sederhana hanya kayu yang beratapkan seng yang ketika  hujan datang akan sangatlah berisik dan juga bocor dimana-mana. alat elektronik seperti TV, handphone,, setrika tidak ada. kendaraan bermotor juga tidak ada yang menandakan beliau masih sangat dibawah garis kemiskinan. bahkan tanah yang didirikan rumahnya merupakan tanah wakaf. sangat miris masih ada keadaan miskin yang teramat sangat mengingat kediaman dari beliau tidaklah jauh dari pusat kota.

setelah melihat apa yang terjadi di lapangan, kami merekomendasikan kepada pemerintah diharapkan lebih memperhatikan para masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan, pasti masih banyak masyarakat yang ada diluar sana yang masih miskin, maka dari itu pemerintah diharapkan membuat kebijakan yang jitu dalam mengentas permasalahan kemiskinan ini. 

Wawancara mendalam dan observasi dilaksanakan pada Januari-Maret 2024.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline