Lihat ke Halaman Asli

R. Syrn

TERVERIFIKASI

pesepeda. pembaca buku

Nostalgia dengan Sepasang Sepeda Federal

Diperbarui: 20 Oktober 2022   20:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto Federal Kougar dari bukalapak.com

Sepeda merk Federal adalah sepeda klasik yang dulu satu grup dengan motor Honda, memang  sudah tidak diproduksi lagi,  tetapi sampai sekarang masih dipakai banyak orang dan memiliki penggemar fanatiknya sendiri, sampai-sampai komunitas pencinta sepeda besi ini ada nyaris di setiap provinsi di Indonesia ini.

Setiap sepeda Federal diberi nama yang unik, kebanyakan diberi nama sejenis kucing, sebagian diberi nama gunung, dan nama-nama lainnya yang tak kalah unik.  Walaupun sekarang banyak orang yang kembali menungganginya, tapi tak banyak yang tahu kalau beberapa seri sepeda federal diproduksi berpasangan.  Hal tersebut bisa dilihat dari nomor produksinya atau nomor jenisnya ya, yang jelas bukan nomor seri yang tertera di samping seat tube atau  biasa ada di bawah bottom bracket (BB) itu.

Misalkan seri Mt Everest (FMG 23) untuk sepeda lelaki, pasangannya adalah Pussy Cat (FML23) untuk sepeda wanita.  FMG adalah singkatan dari Federal Mountain Gent, dan FML adalah Federal Mountain Lady, makanya sepeda wanita seringkali disebut ladies bike.  Seri gegunungan yang berpasangan lainnya adalah Torino Terrain (FMG73XX) & Manaco Terrain (FML75SX), Rivera Terrain (FMG65SX) & Valencia Terrain(FML65SX)

Contoh lainnya adalah sepasang kucing seperti Street cat (FMG33)dan  Wild Cat (FML 33) , Alley Cat Ultra (FMG55MT) & Muddy Cat Ultra (FML55MT), kemudian City Cat (FMG43) & Stray Cat (FML43).

Ada pula seri macan yaitu Jaguar dan Cheetah, walau seri yang paling bagus dan langka adalah sepeda berseri nama macan yang warnanya hitam yaitu  Poema (R22)  untuk sepeda lelaki dan  Koegar (R23) untuk ladies bike-nya.  Seorang kawan lama yang juga kompasianer setia pernah bercerita tentang Kougar-nya yang sempat dibawa kemana-mana sebelum akhirnya hilang tak tentu rimbanya saat dititipkan di bengkel sepeda yang tiba-tiba tutup dan lenyap tanpa kabar berita, sayang sekali.  

Sepasang sepeda terakhir itu langka dan unik karena posisi rem cantilever-nya yang berada di bawah chain stay.  Selain itu lug atau sambungan rangka yang beda serta stemnya yang bentuk dan ukurannya unik dan beda sendiri dibanding seri Federal lainnya.

Selain beberapa pasang nama sepeda di atas, ada satu jenis sepeda Federal yang bisa dipakai sepasang manusia sekaligus, jenis paling akhir ini nomor serinya belum diketahui, yang jelas pernah dinaiki orang nomor satu di negeri ini beserta istri beliau, yaitu pak Soeharto dan ibu Tien Hari Olahraga Nasional pada 9 September 1988.

sumber foto : historia.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline