Lihat ke Halaman Asli

Rchigo 20

Mahasiswa

Nilai-nilai Sila Ketiga Pancasila sebagai Rambu-rambu Landasan Perkembangan Teknologi Informasi

Diperbarui: 20 Oktober 2022   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini kita hidup di zaman yang semakin pesat akan perkembangan ilmu pemutakhiran teknologi. Kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi mulai mempengaruhi aspek-aspek kehidupan baik itu dalam hal budaya, kesehatan, politik, ekonomi bahkan sudah memasuki dunia pendidikan. Kemajuan teknologi membawa banyak sekali dampak dan perubahan dari suatu keadaan ke keadaan yang lainnya . 

Perubahan-perubahan ini tidak bisa untuk kita hindari dan kita elakan dan akan terus terjadi dan bergerak cepat dan terus melangkah maju seiring dengan perkembangan zaman. Seperti saat ini kita berada di era digital yang sangat identik dengan kemajuan IPTEK. 

Kemajuan dalam bidang IPTEK ini dapat mengubah tatanan kehidupan manusia dalam berbagai aspek kehidupan yang meliputi aspek kepercayaan, budaya, politik, sosial bahkan dalam dunia pendidikan sekalipun. Kita tidak bisa menutup diri untuk segala perubahan yang terjadi tetapi kita harus bisa menyesuaikan diri kita atas perkembangan zaman yang dialami.

Kemajuan IPTEK mengharuskan kita untuk pandai dalam berliterasi teknologi, literasi digital, literasi sains, dan literasi lainnya karena apabila tidak, kita akan terseret dan tertinggal jauh. Saat ini pula masyarakat dan teknologi sudah tidak bisa untuk dipisahkan, kehidupan masyarakat pada saat ini sudah banyak melibatkan teknologi. 

Perubahan ini banyak sekali membawa dampak positif dan negatifnya, disinilah kita harus bisa selektif untuk menerima segala sesuatu yang datang kepada kita. Tidak semua pengaruh itu baik untuk diterapkan di negara kita Indonesia, tapi harus disesuaikan dengan hukum dan norma aturan yang berlaku di Indonesia sebagai negara yang dikenal dengan negara hukum. 

 Apabila kita telusuri dengan kemajuan IPTEK ini membuat interaksi dan hubungan ,baik antar perorangan atau individu, individu dengan sebuah kelompok ataupun suatu kelompok dengan kelompok lainnya menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis. 

Perkembangan dan perubahan yang di akibatkan dengan adanya revolusi dari masa ke masa telah mengubah cara aktifitas, budaya serta pola pikir manusia sebelumnya, di zaman yang sudah serba canggih dan digital banyak pekerjaan manusia yang memanfaatkan mesin. 

Hal inilah yang harus kita perhatikan bahwa ada beberapa tantangan baru yang akan kita hadapi pada masa ini, dengan situasi yang seperti ini manusia diharuskan untuk bisa melakukan segala sesuatu dengan multitalenta. Manusia di haruskan untuk bisa berliterasi digital, literasi teknologi dan beberapa literasi yang lainnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya 

Kemajuan ilmu pengetahuan dan juga teknologi dapat memudahkan segala kebutuhan hidup. Dengan adanya perubahan ini semua orang bisa mendapatkan apapun yang diinginkan dengan mudah, nyaman dan dalam waktu yang relatif singkat. 

Selain itu, tidak ada batas spasial antara negara dan benua yang lainnya, dan kemajuan ilmu pengetahuan maupun teknologi tampaknya membawa dunia ke dalam gemgaman tangan semua orang. Akan tetapi, segala kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) ini tidak hanya membawa satu dampak saja, melainkan dengan kedua dampaknya baik dampak yang positif maupun dampak yang negatifnya. 

Oleh karena itu, dalam pengembangan ilmu pengetahuan maupun teknologi harus didasarkan pada hakikat tujuan dan kesejahteraan umat manusia. Ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi wadah perubahan manusia ke arah yang lebih baik dan mampu meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan. Dia juga mendukung harkat dan martabat manusia di muka bumi, tidak membuat orang sombong, merasa paling pintar, orang yang paling berpengaruh, merasa lebih baik dari yang lain, dan merasa segalanya dalam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline