Lihat ke Halaman Asli

r cahyo prabowo

Cerdas Berbudi Pekerti Yang Luhur

Bimbingan Perkuliahan Era Industri 4.0 Indonesia

Diperbarui: 29 Januari 2022   22:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Indonesia memiliki Ideologi, Pemersatu Bangsa Indonesia, Dasar Negara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR RI, NKRI Sebagai Bentuk Negara.

Semboyan Negara Indonesia Adalah Bhinneka Tunggal Ika. Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, Yang Berbentuk Republik.Indonesia adalah negara Pancasila & negara Hukum, bukan berasal dari negara apa pun, apalagi pelanjut kerajaan dimasa lampau.Nama Indonesia sudah ada,dan sudah merdeka,berdaulat penuh.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Kita bahwasanya tahu, Indonesia telah memasuki era baru,era perkembangan industri media, cara-cara baru dalam kehidupan masyarakat yakni era industri 4.0 yang dimana cara melakukan komunikasi, aktifitasnya melalui online dan juga ramah lingkungan mengurangi kertas.Contohnya saja pada saat mahasiswa/i mau melakukan revisi, mahasiswa/i tidak perlu lagi membawa kertas dan cara barunya adalah mahasiswa/i mau bimbingan cukup membawa laptop dan melakukan komunikasi intensnya melalui media sosial contohnya bisa menggunakan whatsapp, skype,gmeet atau lainnya dan bahkan untuk revisi mahasiwa/i cukup menggunakan emailnya, bahan revisi dikirim email ke dosennya secara langsung.

Dalam hal ini cukup praktis,efisien, ramah lingkungan dan juga masuk kedalam Bimbingan Perkuliahan Industri 4.0 yang dimana pola pembelajarannya untuk melakukan revisi mahasiswa/i cukup membawa laptop kemudian mahasiswa/i menyodorkan hasil revisi dengan menggunakan laptopnya kepada dosennya, kemudian si dosen memeriksa hasil revisi mahasiswa/inya mana yang sudah direvisi atau belum ketika sudah maka otomatis di tanda tanganin.

Untuk tanda tangan wajib cap basah, dikertas sebagai bukti otentik hasil karya mahasiswa/i dan kemudian mahasiswa/i mencetak, menjilid hardcover sesuai prosedur Universitas.

Kesimpulannya zaman industri 4.0 tidak lagi repot, apalagi nanti industri 5.o atau perkembangan komunikasi industri media khususnya media online terus berkembang secara cepat,maju, tidak memakan biaya banyak, patut dicontoh bimbingan perkuliahan industri 4.0 yang sama sekali tidak menggunakan kertas hasil revisian dan komunikasinya pun melalui media online bisa website atau melalui media sosial seperti whatsapp, gmeet,skype dll yang lebih efisien, praktis,tepat sasaran, simple dan bisa janjian untuk bertemu dosennya.

Komunikasi Industri Media

Raden Cahyo Prabowo,S.I.Kom,M.I.Kom




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline