Lihat ke Halaman Asli

Razani Alsya Ganisztian

Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik Kelompok 52 UPI 2022: Hasta Karya Muda, Pelatihan Angkatan Kerja Baru di Kelurahan Pasirjati

Diperbarui: 10 Agustus 2022   19:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2022 merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2022 ini dilakukan pada tanggal 11 Juli – 10 Agustus 2022. Program kampus ini mewajibkan setiap mahasiswanya untuk mengabdi kepada masyarakat berdasarkan tema, waktu, dan daerah tertentu. Program ini juga diikuti oleh lebih dari 3000 mahasiswa/i yang nantinya dipecah menjadi beberapa kelompok.

Universitas Pendidikan Indonesia mengusung tema Sustainable Development Goals (SDGs) yang didalamnya mencakup 17 komponen yaitu tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, Pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, berkurangnya kesenjangan, kota dan dan komunitas berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem laut, ekosistem daratan, perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh, dan kemitraan untuk mencapai tujuan. Kelompok KKN 52 mendapatkan tema “Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata”

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 52 ini dilaksanakan di Kecamatan Ujungberung dengan jumlah anggota 27 orang yang kemudian dibagi menjadi 5 kelompok kecil yang menyelenggarakan program kerja di 5 kelurahan. Pada Kelurahan Pasirjati program kerja dilakukan di beberapa RW, yaitu RW 08, RW 10, dan RW 13, namun fokus dari program kerja itu sendiri dilaksanakan di RW 08 dengan melakukan pelatihan terhadap angkatan kerja baru yang mana pelatihan tersebut diharapkan dapat mengasah skill, menjadi cara untuk mengurangi angka pengangguran dengan membuka usaha sendiri nantinya, serta dapat mempersiapkan mentalitas usaha sejak dini.

Pelatihan angkatan kerja baru ini dilaksanakan dengan dua tema, yaitu “Pelatihan Remaja Membuat Produk Crafting” dan “Pelatihan Angkatan Kerja Baru Membuat Produk UMK” yang mana kegiatan ini dilaksanakan di TK Kembang Pura yang beralamat di Jl. Nagrog II  RT/RW 01/08 dengan kegiatan pertama dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2022 dan kegiatan kedua dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh para angkatan kerja baru yang berasal dari anak yang putus sekolah dan anak anak remaja Taruna Karya dengan pematerian skill yang diberikan oleh Ibu Ratna Karmila.

Pada kegiatan pertama, angkatan kerja baru diajarkan untuk membuat produk strap masker, yang mana nantinya produk ini diharapkan bisa menjadi salah satu ide untuk membuka lahan usaha ditengah pandemi covid-19 ini, selain melakukan pembuatan produk crafting, para angkatan kerja baru juga mendapatkan materi mengenai promosi dan branding dari produk tersebut, agar produk tersebut dapat terus berkembang dalam hal produksi ataupun penjualannya.

Lalu pada kegiatan kedua, angkatan kerja baru membuat suatu produk UMK yang menjurus pada kuliner, yaitu Bolu Susu Caramel yang dalam pembuatannya dilakukan tanpa menggunakan mixer dan diharapkan nantinya para angkatan kerja baru ini bisa membuka usaha tanpa perlu modal yang besar.

Pada setiap kegiatan yang diselenggarakan, kelompok 52 berperan sebagai pendamping dari Ibu Ratna Karmila selaku pemateri, namun disamping itu juga para mahasiswa memberikan sedikit pematerian di selah selah kegiatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline