Lihat ke Halaman Asli

Tips Memunculkan Ide Kreatif

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dapat mendapatkan ide-ide kreatif merupakan dambaan semua orang. Coba pikirkan saja, betapa mudahnya kita dapat menyelesaikan berbagai permasalahan apabila kita dapat mendapatkan ide-ide yang kreatif. Ide kreatif bukanlah suatu hal yang di dapatkan begitu saja tanpa adanya proses. Sepertihalnya pekerjaan-pekerjaan lain, ide-ide kreatif juga dapat muncul karena adanya sebuah proses. Oleh karena itu, mulai lah muncul banyak pertanyaan mengenai bagaimana cara kita mendapatkan ide kreatif? Sebelum kita membahas tentang cara mendapatkan ide kreatif, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sih kreatif itu?

Kreatif/kreativitas adalah suatu aktivitas kognitif yang menghasilkan suatu pandangan yang baru mengenai sebuah bentuk permasalahan dan sifatnya tidak terbatas (kita dapat melihat dari berbagai sudut pandang yang tidak terbatas). Sehingga ketika kita mendapatkan sebuah ide kreatif kita dapat menggunakannya untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang ada. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui sehingga kita bisa mendapatkan sebuah ide kreatif, tahapan yang pertama adalah Persiapan.

Persiapan adalah sebuah tahapan dimana kita harus mengumpulkan berbagai macam informasi, data-data atau apapun yang berkaitan dengan permasalahan yang ingin diselesaikan. Hal adalah tahap awal karena ide kreatif akan muncul apabila kita sudah memiliki dasar dari permasalahan dan informasi-informasi yang berkaitan dengan permasalahan kita. Persiapkan lah diri kita dengan matang dengan mencari banyak informasi yang bersangkutan dengan permasalahan kita agar bisa mendapatkan ide-ide kreatif.

Lalu tahapan selanjutnya adalah inkubasi. Inkubasi ini merupakan tahapan dimana kita diharuskan untuk mengalihkan pikiran kita, kegiatan kita, atau apapun yang bersangkutan dengan permasalahan. Kita diminta melupakan permasalahan yang ingin diselesaikan dan coba untuk mengalihkannya ke hal-hal yang dapat menyenangkan kita seperti halnya melakukan hobi kita. Hal ini harus dilakukan karena berguna untuk merefresh kembali otak kita agar tidak lelah. Karena apabila otak kita kelelahan, akan sangat sulit bagi otak untuk berpikir secara optimal. Oleh karena itu, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang dapat merelaksasikan otak dan dapat melupakan permasalahan-permasalahan yang ingin diselesaikan.

Ketika kita menjalani tahap inkubasi, maka nantinya kita akan masuk ke tahap iluminasi/pencerahan. Tahap iluminasi ini merupakan sebuah tahapan di mana jalan terang menuju pemecahan permasalahan akan mulai terbuka. Pada tahap ini lah ide-ide kreatif akan bermunculan, karena setelah otak kita dapat bekerja secara optimal kembali, maka otak akan mulai bisa melihat berbagai macam jalan menuju pemecahan masalah. Dan hal ini dapat muncul bukan secara tiba-tiba, tetapi didasari oleh informasi-informasi yang kita peroleh sebelumnya di tahap persiapan.

Lalu tahapan terakhir adalah tahap verifikasi. Pada tahap verifikasi ini kita akan mulai menguji ide-ide kreatif yang muncul untuk menyelesaikan masalah yang ada. Apakah ide-ide yang didapatkan itu dapat sesuai dengan masalah yang ingin diselesaikan atau tidak. Karena pada tahap iluminasi akan banyak bermunculan ide-ide kreatif sehingga kita harus menguji ide-ide yang bermunculan tersebut. Pasti ada salah satunya yang sesuai, karena ide-ide kreatif ini didasari oleh informasi-informasi yang didapatkan sebelumnya yang tersimpan di dalam memori kita, sehingga ide yang muncul tidak akan jauh dari permasalahan yang ingin diselesaikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline