Lihat ke Halaman Asli

Rayner PermanaHW

Rayner Permana Hadi Wibowo

Aksi CSR & Comunnity Development PT Aqua Golden Mississippi Pabrik Mekarsari

Diperbarui: 2 Februari 2023   14:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aksi CSR & Comunnity Development PT Aqua Golden Mississippi Pabrik Mekarsari

CSR adalah suatu fenomena dan strategi yang dilakukan perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan untuk social maupun lingkungan sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholdernya. Dengan membuat sebuah kegiatan yang dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat sekitar dan membuat sebuat pelestarian lingkungan.

PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPIPABRIK MEKARSARI melakukan sebuah pemberdayaan terhadap masyarakat di sekitar pabrik yang ada di desa caringin, permasalahan Kemiskinan di Desa Caringin tidak hanya karena ketidakjelasan dalam kerja namun juga didukung adanya kekurangan modal baik dalam memulai usaha maupun saat mengembangkan usaha. 

Keterbatasan modal mengakibatkan usaha masyarakat tidak berkembang serta tidak berkelanjutan dengan melakukan pemeberdayaan tersebut yang sudah mulai dari tahun 2019 hingga sekarang yaitu dengan sebuah program permasalahan yang terjadi di desa caringin selain kemiskinan adalah pengangguran yang banyak di Desa Caringin tidak sepenuhnya pengangguran total namun kebanyakan setengah pengangguran karena pekerjaan yang serabutan. Pemuda banyak yang tidak mempunyai aktivitas produktif karena kurangnya ketrampilan kerja dan kewirausahaannya. 

Selain itu, banyaknya pabrik di Cicurug membuka lowongan tenaga kerja mayoritas untuk perempuan. Hal tersebut memicu munculnya pengangguran di kalangan pemuda dan mendorong terjadinya perilaku menyimpang. 

Permasalahan pengangguran di wilayah Cicurug antara lain adalah peluang kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah angkatan kerja, kedua adalah kompetensi tenaga kerja yang tersedia tidak sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, ketiga adalah daya saing tenaga kerja lokal dengan tenaga kerja dari luar menyebabkan kalah bersaing. 

Untuk itu, upaya menekan angka kemiskinan dan pengangguran memerlukan antara lain: peningkatan kapasitas masyarakat melalui jalur pendidikan formal dan non formal agar mampu meningkatkan daya saing dirinya, perluasan peluang kerja maupun menumbuhkan wirausaha mandiri dengan bertumpu pada bidang agribisnis, pariwisata dan industri dan banyaknya lahan pertanian yang sudah rusak dari penggunaan pupuk dan obat tani yang terbuat dari bahan kimia sehingga PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPIPABRIK MEKARSARI " mempunyai sebuah misi untuk melakukan peningkatan Taraf Hidup Petani Melalui Agribisnis dan Agro Eduwisata" di dalamnya.

PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPIPABRIK MEKARSARI melakukan sebuah pemberdayaan kelompok tani yang ada di sekitar desa caringin untuk memberikan sebuah pembelajaran dan riset agar petani dapat melakukan aktifitas tani yang baik dan tidak membahayakan lingkungan sebelum adanya program ini issue pertanian yang harus memakai pupuk kimia yang semakin tahun semakin meningkat.

Di samping tidak baik untuk tanah, pemakaian pupuk yang banyak semakin mmeberatkan petani untuk berusaha di lahan pertaniannya dalam risetnya CSR PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPIPABRIK MEKARSARI di desa cariringan dalam bidang pertanian adalah membuat sebuah riset untuk membuat pupuk dan obat pertanian yang hampir 100% alami untuk menjaga lahan pertanian yang merupakan mata pencaharian mayoritas warga tetap berkesinambungan dengan model pertanian ramah lingkungan.

Dengan melakukan penyuluhan dan pengajakan kepada warga sekitar untuk melakukan pertanian tradisonal dengan memakai pupuk dan obat alami diharapkan lingkungan yang ada dapat terjaga sehingga tidak merusak tekstur tanah dan membuat tanah menjadi lebih subur sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan petani binaan dengan pemberian akses keterampilan sistem regenerative agriculture yang minim olah lahan sehingga lebih efisien dalam biaya produksi dan mengurangi ketergantungan kepada pembelian pupuk dan pestisida kimia, dan juga bantuan modal berupa pengembangan agribisnis melalui budidaya jamur tiram, ternak lele/nila dengan sistem bioflok, ternak kelinci dan juga ternak domba.

Dampak yang terjadi yang di rasakan petani dan lingkungan ketika program tersebut dijalankan dari Konversi lahan 21.200 m2 pertanian konvensional menjadi lahan pertanian sehat dengan minim pemakaian pupuk dan pestisida kimia dan Mengembangkan pertanian model regenerative agriculture di lahan demplot 643 m2 di yang minim olah lahan dan tanpa pupuk serta pestisida kimia di ganti dengan menggunakan Pupuk Organik Cair (POC), Pupuk Hayati Cair, herbisida dan pestisida alami di lahan 643 m2 Dari hasil Analisa tanah menunjukkan usaha-usaha dengan system pertanian sehat dan regenerative agriculture terbukti meningkatkan kesuburan tanah.

Dampak ekonomi dengan adanya program Agro Eduwisata Saung Kampas CSR PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPIPABRIK MEKARSARI dapat Membuka lapangan kerja baru dengan pembentukan kelompok pengelola peternakan domba sehat Sri Asih dengan penyerapan tenaga kerja baru sebanyak 15 orang, 11 orang anggota kelompok tani mendapatkan tambahan penghasilan, yang tadinya hanya mendapatkan penghasilan dari hasil tani yang dirasakan masih kurang, menjadi ada tambahan penghasilan dari bantuan dikembangkannya agrobisnis berupa budidaya jamur tiram, ternak lele/nila di kolam bioflok, dan ternak kelinci. Para anggota PokTan dan anggota kelompok pemuda local juga mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi pemandu wisata di Agro Eduwisata Saung Kampas yang terbentuk di tahun 2022 dan Ibu-ibu petani yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani mendapatkan tambahan penghasilan dari berjualan produk-produk jajanan local berbasis jamur tiram, lele dan pengembangan sayuran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline