Lihat ke Halaman Asli

Rayner PermanaHW

Rayner Permana Hadi Wibowo

Efek Komunikasi Massa dalam Membangun Sebuah Budaya Baru

Diperbarui: 20 Januari 2022   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini memasuki era perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi IPTEK yang semakin pesat, khususnya dalam teknologi informasi dan komunikasi telah banyak membawa dampak negatif dan positif. 

Kehadiran media massa tentunya memiliki pengalaman tersendiri bagi kehidupan kita oleh karena itu sebuah proses komunikasi pasti akan mempunyai sebuah dampak. Efek itu sendiri akan muncul ketika seseorang menerima sebuah pesan komunikasi baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Komunikasi massa (mass communication) adalah sebuah komunikasi yang menggunakan sebuah media untuk menyapaikan pesan kepada khalayak banyak komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar melalui media cetak, surat kabar, majalah, elektronik, radio dan televisi. 

Karena disalurkan melalui sebuah media massa, pesan dapat diterima secara serentak dan sesaat. (Jalaludin Rakhmat) biasanya media komunikasi masa sekarang ini yang sering digunakan oleh penggguna adalah media elektronik/penyiaran, dan media online. 

Media tidak bisa dipisahkan dari sebuah kehidupan manusia yang bermasyarakat, begitu halnya dengan sebuah proses komunikasi karena manusia pasti membutuhkan sebuah saran komunikasi agar memudahkan manusia untuk saling menyampaikan pesan dan maksud untuk diutarakan kepada orang lain. Komunikasi massa adalah sebuah proses komunikasi untuk membagikan sebuah pesan atau informasi dari sebuah sumber kepada sasaran yang ingin dituju.

Efek media massa terhadap budaya

Komunikasi massa adalah komunikasi yang berproses komunikasi satu arah dan suatu rangkain atau suatu proses yang dimotori oleh komunikator yang secara professional menggunakan teknologi untuk membagikan atau menyebarluaskan informasi atau pesan-pesan komunikasi massa sendiri merupakan kebalikan dari komunikasi tatap muka antar pribadi yang dua arah.

Dengan adanya media komunikasi massa akan terciptanya efek-efek tertentu contohnya efek yang terjadi di saat globalisasi yang cepat sekarang ini membuat berita cepat tersebar kerena karakteristik sebuah media massa adalah menyebarkan sebuah informasi kepada khalayak banyak secara serentak dan sesaat. 

Dengan adanya globalisasi ini dapat merubah sebuah cara pandang sekelompok manusia maupun individu dalam pola berprilaku, pola berpakaian, pola kerja, dan lain-lain. 

Contohnya pola berpakain saat sekarang ini yang sudah mengikuti tren dunia hampir seluruh manusia dapat mengikuti sebuah tren fasyen dunia dengan mudah contohnya tren fasyen yang terjadi di Indonesia yang sekarang ini mengikuti tren fasyen asing khususnya tren korea. 

Karena saat ini masyarakat Indonesia sangat tertarik menggunakan media massa contohnya seperti Instagram yang membuat tren dunia dapat diketahui masyarakat Indonesia maupun dunia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline