Lihat ke Halaman Asli

Shalat Sunnah Pancarkan Kecantikanmu Ukhti

Diperbarui: 27 Desember 2016   16:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kita sebagai umat muslim yang wajib melaksanakan shalat lima waktu, kitajuga disunnahkan untuk melaksanakan shalat-shalat sunnah ini ukhti. Selain memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi hidup kita, shalat sunnah jugadapat memancarkan kecantikan seorang muslimah. 

Berikut ini daftar shalat-shalat sunnah yang dapat kita kerjakan:

1. Shalat Rawatib : yang dikerjakan sebelum dan sesudah shalat wajib.

 Adapaun 12 Shalat Rawatib :  2 rakaat sebelum shubuh, 2 rakaatsebelum dhuhur, 2 rakaat sesudah dhuhur, 2 rakaat sebelum ashar, 2 rakaatsetelah maghrib dan 2 rakaat setelah isya'.

2. Shalat Dhuha : yang dikerjakan pada waktu dhuha, yaitu dimulai darimatahari yang setinggi tombak atau satu meter dari garis cakrawala (sekitar15-20 menit setelah terbitnya matahari) sampai matahari teapt berada di ataskepala (15 menit menjelang waktu dhuhur).

Keutamaannya: Shalat Dhuha sebagai sedekah, sebagai investasi amal, sebagaikeuntungan yang besar, dicukupi kebutuhan (rezeki) hidupnya, pahala haji danumrah, terampuni dosanya meski sebanyak buih di laut, dibangunkan istana disurga.

3. Shalat Tahajud : yang dikerjakan pada waktu malam, oleh karena itu shalatini sering disebut qiyamullail atau Shalat Malam. Shalat tengah malam inimemberi kesempatan kepada kita untuk beribadah lebih khusyuk. Yaitu waktu yang sangattepat untuk berkeluh kesah dan memohon ampunan kepada Sang Pencipta. Keutamaandari Shalat Tahajud antara lain : menghilangkan penyakit, pengahapus dosa,kecantikan pada hati, meningkatkan produktivitas spiritual dan terkabulnyakeinginan, mempertajam kecerdasan.

Dan ketika kita melaksanakan Shalat-shalat Sunnah tersebut hendaknya kitamemiliki adab-adab yang dianjurkan bagi para muslimah ya ukhti. Diantaranya yaitu :

Mengerjakan shalat dengan ikhlas karena Allah SWT bukan karena hal lain, menyempurnakan wudhu sebelum melaksanakan shalat, mengerjakan shalat dengan tepat waktu dan tidak mengakhir-akhirkannya (menunda-nunda), kecuali padashalat Isya' boleh mengakhirinya, menggunakan pakaian yang suci, bersih,menutupi aurat, dan mengerjakan shalat dirumah lebih utama bagi muslimah. yang terpenting ialah menjaga kekhusyukan dalam mengerjakan shalatnya ya ukhti.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline