Lihat ke Halaman Asli

Majalah Fashion Mulai Masuk Online, Benarkah?

Diperbarui: 4 September 2018   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: https://58southmoltonstreet.co.uk/

Siapa yang belum pernah mendengar nama media Harper's Bazaar? Bagi pembaca setia majalah busana pasti tidak asing lagi dengan media ini. Bagi saya, media ini asing untuk mata dan telinga. Namun ternyata media ini berasal dari Amerika Serikat yang terbit di awal tahun 1867, majalah ini juga terbit di Indonesia di bawah nama PT Media Insani Abadi sejak tahun 2000 lalu.

Sekarang majalah busana Harper's Bazaar mulai merambah ke dunia online, berganti ke arah media baru sepertinya dibutuhkan semua media konvensional. Mengusung segmentasi fashion membuat situs web media dari Harper's Bazaar nggak kalah menarik dari baju-baju buatan desainer yang dimuat dalam situs mereka. 

Pada artikel yang lalu kita sudah membahas INILAH MEDIA BARU: Istilah Asing namun Kita Konsumsi Setiap Hari tentang karakteristik media baru. Apakah Harper's Bazaar bisa memenuhi karakteristik tersebut?

Digital

Media Harper's Bazaar punya karakteristik digital karena memakai sistem yang membuat data bisa ditampilkan menjadi foto, teks, bahkan video. Situs web media Harper's Bazaar menggunakan gambar-gambar berukuran besar serta judul yang jelas sehingga mudah untuk dibaca oleh khalayak. Dengan hal tersebut, berarti situs web Harper's Bazaar punya kualitas karakteristik digital yang tinggi.

situs web Harper's BAZAAR|https://www.harpersbazaar.com/

situs web Harper's BAZAAR|https://www.harpersbazaar.com/

Interaktivitas

Meskipun media baru seharusnya punya unsur interaktivitas yang tinggi, hal ini tidak terjadi di situs web media Harper's Bazaar. 

Absennya fitur kolom komentar membuat interaktivitas dalam media tersebut tidak bisa terbangun dengan baik karena komunikasinya hanya satu arah saja. Karakteristik interaktivitas yang tidak dimiliki situs web Harper's Bazaar berarti kualitas interaktivitas yang rendah.

situs web Harper's BAZAAR|https://www.harpersbazaar.com/

Hypertextual

Fitur ini bisa memudahkan pengguna di situs web media Harper's Bazaar untuk menemukan informasi lain yang terkait dengan artikel sebelumnya. Seperti yang kita bisa lihat pada gambar di bawah, ada teks yang bisa langsung punya tautan dengan artikel lain yang sejenis. Dengan banyaknya hypertext yang dapat membantu khalayak, maka kualitas karakteristik hypertext dalam situs web media Harper's Bazaar terbilang tinggi.

situs web Harper's BAZAAR|https://www.harpersbazaar.com/

situs web Harper's BAZAAR|https://www.harpersbazaar.com/

Networked
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline