Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Rayhan Fairuzy

Public Relations | Corporate Communications | Social Media Specialist | Content Creator

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Memberikan Sosialisasi dan Mengajak Masyarakat Pelaku Usaha Mulai Melakukan Digitalisasi

Diperbarui: 3 September 2022   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Semarang, 4 Agustus 2022 - Muhammad Rayhan Fairuzy, Mahasiswa S.Tr Informasi dan Hubungan Masyarakat, Sekolah Vokasi menyelenggarakan program monodisiplin berupa penyuluhan secara langsung ke pelaku usaha UMKM yang berada di Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, mengenai pentingnya teknik marketing modern dengan menggunakan sarana media sosial sebagai upaya branding hasil usaha pada kamis (21/07/2022).


Digital Branding sendiri merupakan suatu kegiatan promosi dari suatu barang dengan menggunakan sarana internet dan media sosial yang mana tujuannya agar barang dapat dikenal oleh masyarakat luas serta informasi mengenai barang usaha ini sendiri juga dapat dimengerti dengan mudah oleh masyarakat. Semakin banyak orang mengenali maka semakin tinggi pula tingkat keminatan dari konsumen. Dari sini produsen dapat meningkatkan jumlah produksi sesuai dengan demand yang masuk.

Melihat potensi yang dimiliki dari daerah ini dalam menghasilkan suatu produk berupa Tahu Putih, sangat disayangkan apabila tidak dicoba untuk mulai merambah ke sarana digital market. Menurut hasil wawancara yang dilakukan dengan pemilik usaha, kebanyakan usaha yang ada di Kelurahan Jomblang hanya mampu mencapai pasar tradisional daerah Kota Semarang. Itupun memiliki daya saing yang cukup tinggi apabila disejajarkan dengan produk yang sama. Jumlah produksi yang di hasilkan tiap harinya juga tergantung permintaan pasar yang mana tidak selalu sama jumlahnya.

Maka dari itu, Rayhan menilai bahwa sudah saatnya Kelurahan Jomblang memiliki kesadaran untuk memodernisasi kegiatan udaha yang dimilikinya dengan mengubah konsep branding mereka dengan menggunakan digital branding pada media sosial berupa video branding yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan promosi apabila di upload di media sosal serta mulai merambah digital marketplace yang mana dapat meningkatkan daya tarik hasil produksi tersebut dari konsumen dan meluaskan usaha mereka ke publik. Beruntungnya mereka yang memiliki usaha sangat antusias dalam ajakan ini dan segera ingin mencoba setelah mengenali metode digitalisasi ini. Nantinya, bukan cuma hasil usaha UMKM dan daerah Kelurahan Jomblang yang akan dikenal namun, dapat juga meningkatkan hajat hidup masyarakat setempat.

Editor : Muhammad Rayhan Fairuzy




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline