Lihat ke Halaman Asli

Rayhan Azazaka Firdaus Muzakom

Mahasiswa S1 Sistem Informasi Universitas Airlangga

Korupsi: Budaya Turun Menurun Bangsa

Diperbarui: 9 Juni 2022   19:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Korupsi merupakan tindakan merugikan yang biasnaya dilakukan pejabat pemerintahan. Banyaknya kasus korupsi menjadi sebuah budaya baru bagi pemerintah Indonesia, karena hal itu juga masyarakat menyimpulkan bahwa tidak ada pejabat yang tidak korupsi. Sebelum kita membahas lebih jauh kita perlu tau definisi dari korupsi itu sendiri.

Menurut KBBI korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, Yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain. Selaian itu korupsi juga memiliki arti yang luas  seperti penyalahgunaan jabaran resmi untuk keuntungan pribadi, oleh karena itu korupsi tidak hanya terjadi di lembaga pemerintahan.

Faktor penyebab korupsi bahkan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Kurangnya pengetahuan tentang korupsi membuat praktik ini terus ada. Bahkan tak sedikit orang yang tidak mengetahui apa yang telah dilakukannya adalah tindak korupsi. Banyaknya faktor dan lemahnya hukum membuat jumlah tindakan korupsi semakin tidak terkontrol, bahkan mereka yang sudah tertangkap dalam masa hukuman masih bisa melakukan tindak korupsi di dalam sel tahanan.

Banyaknya kasus korupsi di Lembaga pemerintahan membuat tingkat kepercayaan public semakin menurun dan tentunya akan mempengaruhi kinerja dari para pejabatanya. Selain itu karena publik merasa tidak percaya dengan pejabat pemerintahan maka setiap kebijakan yanhg dikeluarkan pemerintah masyakarat kurang bisa menerima karena terlanjur tidak percaya dengan kinerja dari pemerintahan. Hal ini tidak bisa dipandang sepele oleh pemerintah, mereka harus membangun lagi rasa percaya masyarakat terhadap pemerintah, selain tindakan dari pemerintah masyarakat juga perlu menanamkan nilai-nilai anti korupsi.  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline