Lihat ke Halaman Asli

Rawis rengga

CEO perusahaan swasta

Menanam Tanaman Obat di Pekarangan Rumah

Diperbarui: 13 Juni 2024   19:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok pribadi 

Menanam tumbuhan obat di pekarangan bisa menjadi langkah yang baik untuk memiliki akses mudah ke bahan-bahan alami yang berguna untuk kesehatan. Pastikan untuk memilih tanaman yang sesuai dengan iklim dan kondisi tanah di pekarangan Anda. Apakah Anda sudah memilih tanaman obat tertentu yang ingin Anda tanam.

Menanam tumbuhan obat melibatkan beberapa langkah dasar:

1. Pemilihan Lokasi Pilih lokasi yang mendapat sinar matahari yang cukup dan memiliki drainase yang baik untuk tanaman Anda.

2. Persiapan Tanah Persiapkan tanah dengan mencangkul dan mencampurkan bahan organik seperti kompos atau pupuk kandang untuk meningkatkan kesuburan tanah.

3. Pemilihan Tanaman Pilih tumbuhan obat yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan cocok dengan iklim dan kondisi tanah di lokasi Anda.

4. Penanaman Tanam bibit atau biji tumbuhan obat sesuai petunjuk yang diberikan. Pastikan untuk memberi cukup ruang antara tanaman agar mereka dapat tumbuh dengan baik.

5. Perawatan Berikan air secara teratur sesuai kebutuhan tanaman dan pastikan untuk memberi pupuk jika diperlukan. Singkirkan gulma dan lakukan pemangkasan jika diperlukan.

6. Pemanenan Panen tanaman obat saat sudah matang. Ikuti petunjuk yang tepat untuk setiap jenis tanaman, karena cara pemanenan bisa berbeda-beda.

7. Penyimpanan Simpan tanaman obat yang telah dipanen dengan benar agar tetap segar dan memiliki khasiat yang optimal.

Terdapat banyak jenis tanaman obat yang dapat ditanam di halaman, tergantung pada preferensi Anda dan iklim serta kondisi tanah di lokasi Anda. Beberapa tanaman obat yang umumnya cocok untuk ditanam di halaman termasuk:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline