Tidak ada lagi makan siang gratis, masa bulan madu sudah selesai dan sekarang saatnya para marketplace memperbesar keuntungan untuk menyenangkan para pemegang sahammnya
Berdasarkan data dari https://iprice.co.id/, pada kuartal pertama tahun 2022, ada 5 eCommerce yang paling populer di Asia Tenggara yaitu
- Tokopedia
- Shopee
- Lazada
- Bukalapak
- Orami
Dengan kehadiran marketplace, maka system penjualan jadi berubah total. Dulu internet hanya digunakan untuk menampilkan produk dan tidak ada perusahaan yang memanfaatkan website-nya menjadi 100% toko online, kalaupun ada yang berusaha untuk membikin toko online, itupun hanya seumur jagung lalu kemudian mati. Kalau tidak salah namanya Lippo shop
Pembeli dimanjakan dalam pencarian produk kemudian bisa membandingkan dengan melihat review, rating dan harga dari semua toko yang muncul
Biar pembeli semakin betah, dimanjakanlah mereka dengan adanya potongan ongkos kirim yang cenderung gratis, cashback dan beberapa reward
Tetapi semua kenyamanan pembeli itu harus "dibayar mahal" oleh penjual. Para seller (sebutan bagi penjual) dikenakan potongan yang besarnya bervariasi tergantung dari kategori produk dan kebijakan masing-masing marketplace
Besaran potongan saat ini sudah mulai terasa membebani, semakin terasa menggerus harga modal
Potongan bisa sebesar 2.5% atau bahkan lebih tergantung dari kategori produk, program promo yang diikuti seller maupun oleh marketplace dan beberapa biaya-biaya lainnya
Sebetulnya ada cara lama yang sangat mujarab untuk berjualan lewat media online yaitu memanfaatkan branding diri kita sendiri dengan cara rajin melakukan story telling yang saat ini bisa dilakukan dengan cara melalui tulisan atau video
Apa itu story telling..? Storytelling merupakan kegiatan yang menceritakan sebuah cerita untuk satu atau lebih pendengar sambil melakukan interaksi dua arah dengan pendengar